Harta Simpanan Terbaik

 

Oleh: Syamsiyah

Aktivis Muslimah

 

Rasulullah SAW bersabda “Hendaknya salah seorang dari kalian mengambil harta simpanan berupa hati yang bersyukur, lisan yang berdzikir dan isteri mukminah yang menolong salah seorang dari kalian dalam urusan akhiratnya” (HR Ibnu Majah).

 

Hadits di atas menjelaskan terkait tiga perkara yang merupakan sebaik-baik harta simpanan. Adapun sebaik-baik harta simpanan itu yakni: Pertama, hati yang bersyukur.  Hati yang bersyukur kepada Allah SWT adalah hati yang selalu berucap dan berterima kasih kepada Allah. Di saat ia makan, hati tersebut yakin bahwasanya inilah nikmat Allah, maka lisannya pun berucap Alhamdulillah. Sebagaimana sabda Rasul SAW yang artinya, “Sesungguhnya Allah Ta’ala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (Alhamdulillah) sesudah makan dan minum” (HR Muslim).

 

Kedua, lisan yang selalu berdzikir. Ketika lisan kita selalu berdzikir, di saat itulah Allah akan senantiasa mengingat kita. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah al-Baqarah ayat 152 yang artinya, “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari [nikmat]-Ku.”

 

Begitu juga, Rasulullah SAW bersabda dalam hadits qudsi yang artinya, “Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu [kumpulan malaikat]” (Muttafaqun ‘alaih).

 

Ketiga, istri yang mukminah/shalihah. Istri yang mukminah/shalihah itu yang membantu suaminya untuk metaati Allah SWT. Itulah seindah-indah perhiasan dunia yang Rasulullah disebutkan dalam haditstnya, “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah” (HR Muslim).

 

Istri shalihah itu senantiasa berpikir bagaimana baktinya kepada suaminya dan berusaha bagaimana menjadikan suaminya sebagai jalan dirinya untuk masuk kepada surga-Nya yang seluas langit dan bumi.

 

Itulah tiga harga simpanan terbaik yang kita simpan di dunia ini yang akan menghantarkan kita kepada surga-Nya Allah SWT. Oleh karenanya, kita harus terus menjaganya dengan sebaik-baik penjagaan agar hidup kita selalu terhubung dengan Sang Pencipta alam semesta, Allah SWT.[]

Post a Comment

Previous Post Next Post