TB Meningkat, Nyawa Rakyat Semakin Terancam

 



Oleh : Yani Rusliani


TB adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Permasalahan TB bertambah karena belum optimalnya temuan kasus, sehingga menjadi sumber penularan di masyarakat, serta rendahnya kepatuhan pasien TB dalam pengobatan yang menyebabkan meningkatnya risiko TB resisten obat. (ruzka.republika.co.id, 17/2/20024) 


Sejatinya, eliminasi TB tidak akan berhasil jika hanya menyandarkan pada aspek kesehatan semata. Jika ditilik dari aspek kesehatan saat ini, obat TB sudah ada, vaksib sudah ada. Tetapi kasus TB tetap tinggi. Maka diperlukan solusi mendasar atas berbagai faktor yang mempengaruhi penyebaran dan penularan TB seperti kemiskinan, rumah tidak sehat, gizi seimbang dan sebagainya. 


Data WHO mencatat bahwa secara global,  TB berjalan bersama-sama dengan kemiskinan. Kemiskinan berpengaruh pada faktor lingkungan yang memainkan peran penting dalam penyebaran TB. Mahalnya harga tanah dan properti menjadi pemicu kepadatan penduduk yang tinggi sehingga penularan bakteri TB lebih mudah terjadi. 


Tingginya kasus TB juga dipengaruhi oleh polusi udara, kualitas udara dalam ruangan yang kurang baik,  perumahan yang sangat padat, terbatasnya akses ke fasilitas kesehatan dan pendidikan  kesehatan yang rendah. 


Dari faktor-faktor yang dipaparkan diatas, tampak Indonesia memiliki masalah pada semua faktor tersebut. Hal itu menyebabkan kasus TB di Indonesia sangat tinggi. Maka dari itu dibutuhkan perubahan mendasar dalam strategi eliminasi TB. Perubahan tersebut harus diawali dari perubahan pandangan hidup, dari kapitalistik ke islami. 


Tentu perubahan tersebut bukan hal mudah untuk dilakukan dan tidak bisa terwujud secara instan. Harus ada kerjasama antara berbagai pihak mulai dari negara, fasilitas kesehatan, fasilitas hidup dan juga kesadaran dari penderita TB itu sendiri. Negara tidak boleh berlepas tangan dalam menangani kasus TB ini. Bahkan negara harus menjamin secara amanah terkait kesehatan dan keselamatan tiap-tiap individu rakyat. 


Sementara dalam sistem Islam, terwujudnya masyarakat yang sehat adalah tanggung jawab negara, termasuk dalam upaya eliminasi TB. Karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan termasuk kebutuhan dasar manusia. Hal ini didukung juga oleh profil negara dalam Islam yaitu sebagai pengurua dan penanggung jawab urusan rakyatnya. Sehingga negara akan serius mengupayakan pencegahan dan eliminasi TB secara mendasar dan efektif. 


Pada aspek tata ruang dan wilayah, negara akan melakukan penataan wilayah dan prinsip-prinsip syariat sehingga terwujud lingkungan yang sehat. Pada aspek kesehatan, negara menyediakan layanan kesehatan yang terbaik dan di dukung oleh alat-alat yang canggih dan SDM terbaik secara gratis sehingga tiap-tiap rakyat bisa mengaksesnya dengan mudah. Pada aspek sosial, negara akan mengedukasi masyarakat tentang bahaya penyakit TB dan upaya mencegahnya. 


Tentu saja negara akan senantiasa berpatroli ke setiap penjuru wilayah guna mengontrol pelaksanaan upaya eliminasi TB di tengah-tengah rakyat secara real bukan hanya pencitraan semata.  Sehingga negara bisa memastikan rakyatnya bisa tidur nyenyak dalam keadaan badan sehat. 


Wallahu'alam bish shawwab

Post a Comment

Previous Post Next Post