Rekomendasi Novel dengan Latar Sejarah Indonesia yang Seru dan Menarik


Mencari
tau soal sejarah Indonesia menjadi salah satu hal yang selalu menarik untuk diikuti. Akan lebih seru lagi jika sejarah Indonesia dipadukan dengan sebuah cerita yang berbentuk novel. Contohnya seperti yang ada di Buku Ronggeng Dukuh Paruk. Dengan begitu, anda bisa mengikuti sebuah cerita yang memiliki latar sejarah Indonesia di kehidupan yang sudah lama terjadi.

 

Apabila anda sering merasakan bosan ketika mempelajari sejarah Indonesia, cobalah untuk membaca novel dengan latar sejarah Indonesia. Selain mengikuti ceritanya yang menarik, anda juga akan menemukan berbagai fakta sejarah yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.

 
Lalu, buku novel apa saja yang menggunakan sejarah Indonesia sebagai latarnya? Berikut ini beberapa rekomendasi novel dengan latar sejarah Indonesia yang seru dan menarik. Simak selengkapnya.
 

Ronggeng Dukuh Paruk

Pertama, ada novel berjudul Ronggeng Dukuh Paruk yang ditulis oleh Ahmad Tohari. Buku Ronggeng Dukuh Paruk ini merupakan sebuah kisah yang menceritakan seorang penari ronggeng di sebuah desa, yaitu desa Dukuh Paruk. Menceritakan Srintil, seorang penari ronggeng yang sangat cantik. Namun, di buku ini, Srintil memiliki perjalanan hidup yang cukup tragis.

 
Terdapat kisah konflik peristiwa politik 1965 yang membuat Srintil menjadi salah satu penari ronggeng yang selamat dari peristiwa itu. Sebagai perempuan, Srintil memiliki banyak mimpi dan harapan hidup. Namun, banyak peristiwa dan tragedi di zaman dahulu yang membuat harapan hidup Srintil seringkali direnggut secara paksa. Ketika membaca novel Ronggeng Dukuh Paruk ini, anda akan dibawa untuk merasakan kehidupan di pedesaan pada zaman dahulu. Lalu, anda juga akan merasakan betapa kejamnya konflik peristiwa politik 1965. Untuk mengikuti kisah Srintil dan pedesaan Dukuh Paruk, anda bisa membeli novel tersebut di situs belanja Blibli.
 
Laut Bercerita

Novel berjudul Laut Bercerita ini cukup populer karena kisahnya yang sedih. Laut Bercerita yang ditulis oleh penulis terkenal, yaitu Leila S Chudori, mengisahkan seorang mahasiswa bernama Laut, yang merupakan seorang aktivis kritis. Kisah Laut ini berada di masa orde baru, dimana Laut merupakan aktivis yang berani bersuara mengenai isu sosial pada masa itu. Pada akhirnya, Laut pun tertangkap dan disiksa secara fisik dan mental karena dianggap sebagai aktivis yang berbahaya.

 
Dengan latar belakang sejarah demokrasi pada masa orde baru, anda bisa menikmati kisah perjuangan Laut sambil mempelajari sejarah pada masa orde baru. Anda juga akan mendapatkan fakta-fakta masa orde baru yang mungkin sudah lama tidak dibahas di masa kini.
 
Bumi Manusia

Novel yang satu ini memang sudah pernah dibuat film layar lebar, namun anda bisa mencoba menikmati penyampaian yang berbeda melalui buku novelnya. Bumi Manusia, merupakan novel karya Pramoedya Ananta Toer yang cukup populer.

 
Di buku ini, mengisahkan seorang tokoh bernama Minke, yang merupakan seorang pribumi. Berbeda dengan pribumi lainnya, Minke bisa bersekolah dan belajar dikarenakan ia merupakan anak dari seorang Bupati. Dengan pengetahuan dan wawasannya yang lebih, Minke berusaha keras untuk memperjuangkan kedudukan para pribumi di masa penjajahan Belanda. Konon, Pramoedya Ananta Toer, sang penulis buku ini menuliskan buku Bumi Manusia ketika sedang menjalani masa tahanan. Beliau pernah ditahan selama tiga tahun pada masa orde Lama. Untuk menikmati kisah menarik dari perjuangan Minke memperjuangkan hak para pribumi, anda bisa membeli buku novel Bumi Manusia di situs belanja Blibli.

 
Gadis Kretek

Membaca novel yang satu ini, anda akan mendapatkan segudang pengetahuan mengenai sejarah Indonesia. Lebih tepatnya mengenai sejarah industri kretek dan sejarah pada peristiwa politik 1965. Pada novel yang ditulis oleh Ratih Kumala ini mengisahkan tentang pencarian perempuan misterius yaitu Jeng Yah.

 
Di novel Gadis Kretek ini, anda akan dibawa mengikuti perkembangan industri kretek dari zaman ke zaman. Mulai dari masa penjajahan Belanda, hingga industri kretek modern di zaman masa kini. Dikisahkan, ada tiga pemuda yang merupakan pewaris dari sebuah perusahaan kretek ternama, yang mencari perempuan misterius bernama Jeng Yah. Pada masa pencariannya, ternyata banyak sekali misteri yang ikut terpecahkan. Misteri keluarga Jeng Yah tersebut juga ada kaitannya dengan peristiwa politik 1965 yang terjadi pada masa itu.
 
 
Itu dia beberapa rekomendasi buku novel dengan latar sejarah Indonesia di dalamnya. Mengikuti kisah cerita dengan latar sejarah Indonesia tentu sangatlah seru dan menarik untuk diikuti. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan wawasan baru dan juga perspektif yang lebih luas.

 
Manakah novel yang membuat anda penasaran untuk mengikuti alur ceritanya? Anda bisa segera menemukan novel tersebut di situs belanja Blibli. Di Blibli, anda bisa menemukan novel dengan latar sejarah Indonesia pilihan anda dengan cara yang mudah. Segera dapatkan novel pilihan anda di Blibli dan nikmati kisah menarik dari sejarah Indonesia.

Post a Comment

Previous Post Next Post