Alesha Zahra Kartika Berhasil Meraih Juara I Pesantren Ramadan Tingkat SMP

Putri Kombes Pol Agus Sutrisno, SIK, Alesha Zahra Kartika siswa kelas 8.8 SMPN 12 Padang berhasil meraih Juara 1 pada kegiatan Pesantren Ramadan di Mushalla Al Mukharrahmah Kelurahan Kampung Olo Kecamatan Nanggalo Kota Padang, Selasa (18/4/2023).

Perasaan haru dan bahagia meliputi Zahra dan orang tuanya setelah mendengar namanya disebut sebagai peraih juara I. Setelah Zahra berhasil menjalani rangkaian kegiatan pesantren ramadan menghapal Al Quran, zikir dan kisah nabi dan sahabat.

Gadis cantik blasteran Minang dan Sunda ini, dalam keseharian rajin belajar dan disiplin, dibuktikan dengan selalu meraih juara kelas di sekolah sejak SDN 1 Nanggalo Padang. Disiplin diperoleh dari orangtuanya yang polisi dan PNS.

Harapan ibunya, Zahra tidak pernah meninggalkan sholat 5 waktu dan menjadi gadis yang selalu menjaga kehormatan.

Zahra sendiri bercita-cita ingin menjadi dokter. Guna menunjang hal itu, selain sekolah, dia juga mengikuti berbagai kursus yang menunjang pelajaran di sekolah.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, meluncurkan kegiatan Pesantren Ramadan untuk siswa SD dan SMP di kota setempat. Kegiatan ini akan dibuka pada 25 Maret dan berakhir 18 April 2023.

"Pesantren Ramadan akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun yang merupakan pendidikan formal di sekolah SD dan SMP. Tidak hanya itu, berdasarkan aturan Provinsi Sumatera Barat, Pesantren Ramadan akan diikuti juga oleh pelajar SMA/SMK," kata Wali Kota Padang, Hendri Septa di Padang, Rabu, 15 Maret 2023.

Hendri mengatakan Pesantren Ramadan akan dibuka pada 25 Maret 2023 dan dimulai 26 Maret 2023. Untuk pelaksanaan di lapangan, kata dia, sama seperti tahun sebelumnya. Materinya mulai menghafal Al Quran, zikir, kisah nabi dan sahabat. "Kami menyiapkan tema mewujudkan generasi tangguh berbudaya yang mencintai masjid," kata dia. 

Pesantren Ramadan diikuti pelajar mulai kelas 4-6 SD dan pelajar SMP kelas 7-9. Kegiatan dimulai selepas subuh hingga selepas dzhuhur. Sementara bagi pelajar nonmuslim, selama Ramadan, kegiatan belajar dialihkan ke tempat ibadan masing-masing. 

Ia menambahkan Pesantren Ramadan ini merupakan komitmen Pemkot Padang agar para pelajar bisa mengamalkan ajaran agama Islam dan memusatkan pendidikan selama Ramadan di masjid dan mushala yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka.

Selain itu, Pemerintah Kota Padang juga akan terus mendorong dan mengajak anak-anak untuk menghafal Al Quran. "Salah satu program kita juga, minimal siswa hafar juz 30," kata dia.

Post a Comment

Previous Post Next Post