KEKURANGAN GURU: PERSOALAN KRUSIAL DUNIA PENDIDIKAN


By : Rosyadah

Hingga tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Bandung kekurangan ribuan tenaga pendidik baik untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Bandung, Yayat Sumirat mengaku terkejut dengan jumlah kekurangan guru di Kabupaten Bandung, yang mencapai angka 7.221 untuk guru SD dan 1.139 untuk guru pendidikan agama. Jumlah tersebut belum mencangkup kekurangan guru ditingkat SMP.

Yayat mengungkapkan bahwa dari Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) sudah mengusulkan perekrutan tenaga kerja kesehatan dan guru sebanyak 1.780 orang. Hal tersebut berdasarkan program satu juta guru yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.(PojokBandung.com, 29 Januari 2021)
Miris, dunia pendidikan Indonesia masih sangat memprihatinkan. Bukan hanya kesejahteraan guru yang masih jauh dari kondisi ideal, namun ternyata  kualitas dan kuantitas guru pun sangat minimalis. Terbukti  kekurangan tenaga guru menjadi persoalan krusial dunia pendidikan.  Hal ini tentu menjadi persoalan serius karena guru merupakan unjung tombak terwujudnya pendidikan berkualitas  yang akan mencetak generasi unggul. Bagaimana mungkin pendidikan akan berjalan jika tenaga pengajar begitu langka.
Begitu pentingnya peran guru dalam  memajukan sebuah negara. Maka sangat ironis jika ada wilayah yang tidak jauh dari pusat pemerintahan seperti jawa barat masih kekurangan ribuan guru.
Dalama sistem pendidikan Islam yang pernah tercatat dalam sejarah kegemilangannya. Sistem pendidikan Islam sangat memuliakan posisi guru. Kesejahteraan guru sangat diperhatikan. Sangat masyhur bagaimana pada masa Khalifah Umar bin Khattab, kesejahteraan guru. Begitu pun ketersediaan guru akan sangat diperhatikan. Islam mendorong seorang muslim bukan hanya seorang ilmuwan tapi juga seorang faqih fiddiin( paham agama). Maka tidak akan terjadi kelangkaan atau kekurangan tenaga pengajar. Karena menjadi pendidik mendapat kedudukan yang mulia di sisi Allah, juga kesejahteraan akan sangat diperhatikan oleh negara.Wallohu'alam...

Post a Comment

Previous Post Next Post