Satu Orang Warga Solok Meninggal Akibat Gempa Tektonik


N3, Solok - Gempa 5,5 skala richter (SR) yang berpusat di tenggara Kota Padang, Sumbar, dan dirasakan cukup kuat di Kabupaten Solok, mengakibatkan kerusakan cukup parah. Bustami (63), warga Rawang Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok meregang nyawa usai tertimpa reruntuhan rumah.

Walinagari Batang Barus, Syamsul Azwar menyatakan Bustami yang akrab disapa Buyung Jenggo, tertimpa reruntuhan rumahnya, saat sedang beristirahat siang usai membersihkan hasil panen bawang di rumahnya, bersama anak dan isteri. Saat itu, menurut Syamsul, secara tiba-tiba gempa datang, dan reruntuhan dinding kamar rumah permanen, rusak dan menimpa korban.

“Innalillahi wainnailaihirajiuun. Semoga korban husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan tabah menerima cobaan ini,” ujarnya.

Sebelumnya, gempa dengan kekuatan 5 SR terjadi pada Sabtu (21/7) pukul 14.58 WIB terjadi di tenggara Kota Padang, dengan kedalaman 10 kilometer. Tepatnya di 0.97 lintang selatan dan 100.70 bujur timur. Episentrum (pusat) gempa berada di 9 kilometer tenggara Kota Padang, 19 kilometer tenggara Kabupaten Solok, 33 kilometer barat daya Kota Solok, 37 kilometer tenggara Pariaman dan 892 barat laut Jakarta. Gempa dinyatakan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tidak berpotensi tsunami. (Kibas/rijal islamy)
Previous Post Next Post