Oleh: Triana Handayani 
(Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas)

Bukan hal yang baru jika kita merasa tenang dan suasana hati membaik ketika mendengarkan musik. Bukan hanya itu, mendengarkan musik ini banyak sekali manfaatnya bahkan untuk kesehatan fisik dan mental. Untuk itu kita perlu mendengarkan musik minimal sekali sehari. Kenapa? Nah berikut alasan kenapa kita perlu mendengarkan musik.

1. Melatih pendengaran
Orang yang terbiasa mendengarkan musik memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik dibandingkan mereka yang jarang mendengarkan musik. Menurut sebuah penelitian di Kanada, kebiasaan mendengarkan musik bisa menghambat penurunan kualitas pendengaran akibat pertambahan usia.

2. Meredakan stres
Menurut penelitian tahun 2011 berjudul Music and Stress Karya Nechama Yehuda yang diterbitkan dalam jurnal Adult Development, hampir sepertiga orang terdorong semangatnya ketika bekerja kala mendengarkan musik. Dan dalam perjalanan kerja, satu dari empat orang mengaku mendengarkan musik mampu membantunya mengatasi stres. Dengan catatan, anda mendengarkan jenis musik yang memang benar-benar disukai.

3. Mengatasi kecemasan dan kegalauan
Emosi positif yang muncul setelah mendengarkan musik juga bisa menurunkan level kecemasan seseorang. Mereka yang gemar menikmati musik juga memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan yang tidak suka mendengarkan musik. Kay Norton, ahli musik, menyatakan dalam penelitian tahun 2014 bahwa musik berlirik sedih adalah musik kesukaan saat putus cinta. Hal ini karena lagu galau tak hanya membuat kita sedih, tapi juga mengusir kesedihan dengan liriknya. Musik yang galau ini mendorong seseorang yang tengah berduka untuk menangis atau mengekspresikan emosinya dengan cara yang tepat baginya. Sehingga setelah mendengarkan lagu galau, rasanya menjadi lebih lega.

4. Menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah
Sebuah studi yang dilakukan di University of Maryland, Amerika, menemukan bahwa aktivitas mendengarkan musik yang menyenangkan bisa melebarkan ukuran pembuluh darah hingga 26% dari ukuran semula. Akibatnya, alirah darah semakin lancar sehingga kesehatan jantung terpelihara. Orang dengan tekanan darah tinggipun dianjurkan untuk mendengarkan musik yang lembut untuk menguranginya selama 30 menit. Karena musik klasik dan musik celtic mampu mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan.

5. Mengasah memori
Penelitian menemukan bahwa terapi mendengarkan musik bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi amnesia. Pasalnya, bagian otak yang berfungsi memproses musik terletak tepat di sebelah bagian otak yang berfungsi menyimpan memori. Itu sebabnya, stimulasi pada sisi otak yang memproses musik bisa turut memengaruhi sisi otak yang bertugas menyimpan memori.

6. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
Aktivitas mendengarkan musik yang disukai seseorang bisa membantu meningkatkan jumlah imunoglobin A, sejenis antibodi dalam tubuh. Bukan hanya itu, mendengarkan musik juga bisa menekan kadar hormon stres kortisol yang mampu menurunkan kinerja sistem imunitas tubuh. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa jenis musik tertentu membangkitkan emosi positif yang mampu mendorong produksi hormon-hormon peningkat sistem imun tubuh. Ini tentu mampu mengurangi resiko terkena penyakit.

7. Memangkas porsi makan
Kabar baik bagi Anda yang sedang diet. Penelitian di Georgia Institute of Technology, Amerika, menyatakan bahwa acara makan yang diiringi musik lembut dan lampu redup bisa membuat seseorang makan lebih sedikit dibandingkan ketika ia makan tanpa musik.

0 komentar:

 
Top