50 Orang Tenaga Guru di Aceh Timur Ikuti Kaderisasi Penguatan Nilai Sejarah, Karakter dan Wawasan Kebangsaan


Teks foto : Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Aceh Timur, M. Amin, SH, MH memberikan kata sambutan ketika berlangsung acara pembukaan kegiatan Kaderisasi penguatan Nilai Sejarah, karakter dan Wawasan kebangsaan Bagi Pendidik di Kabupaten Aceh Timur yang di selenggarakan oleh Badan Kesbangpol Aceh yang bekerjasama dengan Badang Kesbangpol Kabupaten Aceh Timur

Aceh Timur-nusantaranews,Bertempat di aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat Kabupaten Aceh Timur pada Kamis, 08 Agustus 2019 telah berlangsung acara kegiatan Kaderisasi penguatan Nilai Sejarah, karakter dan Wawasan kebangsaan Bagi Pendidik di Kabupaten Aceh Timur yang di selenggarakan oleh Badan Kesbangpol Aceh yang bekerjasama dengan Badang Kesbangpol Kabupaten Aceh Timur.

Maksud serta tujuan diadakannya acara Kader ini adalah untuk menumbuh kembangkan wawasan

dan nilai kebangsaan kepada para peserta guru, Melakukan penananam pendidikan kebangsaan dan penguatan pendidikan karakter Menjadikan guru sebagai garda terdepan dalam membangun dan memupuk warga negara yang berjiwa Pancasilais, berkarakter positif, nasionalis, demokratis dan patriotis Menumbuhkan rasa cinta dan bangga menjadi WNI dan bertanah air Indonesia.
Memberikan gambaran dan pengalaman otentik kepada para peserta mengenai wawasan kebangsaan Sebagai medium transformasi wawasan dan nilai-nilai kebangsaan.

Meningkatkan pemahaman dan kemampuan berpikir kritis para guru terhadap permasalahan kesejarahan dan penyemaian nilai kebangsaan.
Meningkatkan pengetahuan dan wawasan para guru tentang dinamika masyarakat baiksecara geografis, sejarah, sosial, ekonomi, maupun budaya, sehingga pengetahuan tersebut berguna untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya.
Memberikan sebuah model pembelajaran nilai-nilai kebangsaan melalui sejarah.
Memberi gambaran bagaimana merancang sebuah pilot project sekolah berbasis sejarah dalam rangka mendukung Penguatan Pendidikan karakter berbasis Budaya Sekolah yang sekaligus bertujuan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.


Hal tersebut diakatakan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Timur, Adlinsyah, S. Sos, M.AP ketika memberikan laporan kegiatan. Ia juga mengatakan kegiatan ini hanya berlangsung selama sehari dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari Forum pembaruan kebangsaan (FPK) Aceh, Akademisi Universitas Syiah Kuala banda Aceh dan Unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur. Acara ini diikuti sebanyak 50 orang peserta yang merupakan tenaga pendidik yang berasal dari SLTP dan SLTA dalam Kabupaten Aceh Timur.

Sementara itu Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Aceh Timur, M. Amin, SH, MH mengatakan, Bangsa Indonesia memiliki realitas keanekaragaman suku bangsa, agama, bahasa, kepercayaan dana adat istiadat yang menujukan bahwa bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang besar, yang menyimpan potensi kekuatan budaya untuk dapat mewarnai peradaban dan kesejajaran dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia. Oleh karenanya dengan adanya kegiatan ini pemerintah kabupaten sangat menyambut baik dn mendukung sepenuhnya sebab kegiatan ini merupakan prinsip-prinsipdasar kebangsaan yang menjadi ciri atau identitas kepribadin bangsa sehingga dengan berpedoman pada cara pandang yang menjadi prinsip dasar kebangsaan itu, maka bangsa tersebut memiliki sikap dan jatidiri sesuai dengan nilai-nilai dasar yang kita anut, sebab wawasan Kebangsaan amat dip[erlukan oleh suatu bangsa sebagai negara yang merdeka dan berdaulat seperti Indonesia. “karena berakar pada wawasan kebangsaan inilah suatu bangsa akan mampu menempatkan diri sebagai bangsa dn negara yang dapat disanding-tandingkan dengan bangsa-bangsa yang laiinya” pungkasnya. (*)
Previous Post Next Post