Satu Persatu Dugaan Permainan Proyek Embarkasi Haji Sumbar Mulai Terkuak


N3, Sumbar -  Indikasi permainan mata pada proyek lanjutan pembangunan Asrama Haji Embarkasi Padang milik Kanwil Kemenag Sumbar satu persatu mulai terkuak. Kuat dugaan banyak pihak yang terkait dimega proyek umat islam itu, kata salah seorang kontraktor berinisial (RH) yang juga sebagai peserta lelang  tender masa itu, pada Rabu (26/06) dirumahnya.


Kontraktor yang tidak mau namanya disebutkan secara jelas itu menduga, ada persekongkolan yang mengakibatkan persaingan tidak sehat terjadi antara peserta pada pelaksanaan tender.


"Pada proses tender, ada sekitar 9 perusahaan yang ikut sebagai peserta, dan sebenarnya ada perusahaan yang lebih berhak secara administrasi mengerjakan proyek asrama haji tersebut, yakni peserta nomor urut 4, sementara PT. Rimbo Paraduan berada pada nomor urut 5", katanya.


Akan tetapi, lanjut kontraktor itu," hasil pemenang kembali dikoreksi dan dikonsultasikan kepada Kakanwil, kemudian Kakanwil mengkoordinasikan kepada salah seorang oknum petinggi partai di Sumbar ini" ucap kontraktor tersebut.


"Kemudian oknum petinggi partai itu menolak hasil pemenang tender yang real, sebab, diduga pemenang tender bukan jagoannya (PT.Rimbo Paraduan), dan selanjutnya perintahkan panitia lelang untuk mengulang lelang kembali dan menangkan jagoannya


Sementar pada Pasal 22 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 menyebutkan bahwa,” Pelaku usaha dilarang bersekongkol dengan pihak lain untuk mengatur dan atau menentukan pemenang tender sehingga dapat mengakibatkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat dan konsekuensinya adalah pidana", sebut kontraktor itu.


Kontraktor juga menyebutkan," untuk pemasangan kaca jendela yang seharusnya dipakai kaca setebal 5mm secara keseluruhan sesuai dengan dokumen kontrak, namun, diduga PT.Rimbo Paraduan hanya memakai kaca setebal 3mm, berarti sudah tidak sesuai spesifikasi lagi", tandas lagi.


Proyek yang bernilai Rp 43.523.094.000, dengan sumber dana Surat Berharga Syari'ah Negara(SBSN)  dan dikerjakan PT.Rimbo Paraduan(RP) itu kondisinya sekarang sangat memilukan dan terindikasi rugikan negara.

Berita Terkait : 



Sampai berita ini diterbitkan, pihak media masih mengumpulkan data serta konfirmasi pihak terkait lainnya.
Previous Post Next Post