Sosialisasi Perubahan Kebijakan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Perekaman KTP-el









N3, Sarolangun ~ Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) menggelar sosialisasi Perubahan Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil percepatan KTP-el guna menyukseskan Pileg dan Pilpres 2019,yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda Sarolangun, Senin (8/10/2018).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sarolangun,Helmy,SH.MH dalam laporan menyebutkan,jika dalam sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Kades,Lurah,Camat se-Kabupaten Sarolangun, Komisioner KPU dan Bawaslu,yang dihadiri oleh Anggota DPRD Sarolangun, Staf Ahli, Asisten, Kajari, Kepala Pengadilan dan Kepala OPD.

Helmy juga mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk masyarakat, agar informasi mengenai Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat dipahami oleh masyarakat.Diantaranya percepatan pelayanan perekaman data KTP Elektronik bagi wajib KTP.

"Harapan kita dengan sosialisasi ini bisa merapikan data kependudukan untuk penyiapan Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK2) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dalam rangka mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019,"ucap Helmy.

Sedangkan Wakil Bupati Sarolangun H.Hillalatil Badri yang membuka sosialisasi ini, dalam sambutannya mengatakan,acara ini momentum yang penting guna  memberikan pelayanan publik dan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas penerbitan dokumen kependudukan dan terciptanya database kependudukan yang akurat dalam rangka pemanfaatan data kependudukan untuk pelayanan publik lainnya.

"Tujuannya untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran serta kemandirian masyarakat dalam melaporkan peristiwa penting yang dialaminya untuk mendapatkan akta-akta pencatatan sipil, yang pada akhirnya akan mewujudkan pelembagaan upaya masyarakat sadar administrasi kependudukan dalam rangka mewujudkan tujuan nasional,"Ucap Wabup.

Lebih lanjut H.Hillalatil Badri mengatakan,adminitrasi kependudukan merupakan salah satu pilar menciptakan pembangunan nasional yang komprehensif, yang selanjutnya menjadi fondasi kokoh mewujudkan tujuan nasional.

Di akhir sambutan,Wakil Bupati berharap agar jajaran Dukcapil Sarolangun untuk terus berbenah dan berupaya meningkatkan kualitas profesionalisme kerja, sehingga dapat melayani masyarakat dengan baik dan bermutu.  (SRF)

Previous Post Next Post