N3, Sarolangun ~ UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sarolangun menyelenggarakan pelatihan bagi calon tenaga kerja yang produktif bagi masyarakat pengangguran dan setengah menganggur.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sarolangun Drs.H.Arsyad,M.Pdi mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menciptakan tenaga kerja baru yang handal dan mandiri.

"Secara ekonomi nantinya bisa mendapatkan hasil dari ilmu yang sudah didapat dari pelatihan ini,"ujarnya.

Lebih lanjut Kadis Nakertrans Sarolangun Drs.H.Arsyad,M.Pdi mengatakan,untuk para peserta pelatih diharapkan melalui pelatihan ini nantinya memiliki energi, talenta dan kreatifitas untuk membangun perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan.

Sedangkan Kepala UPTD BLK Sarolangun Afner Siregar  menyebutkan,jika pelatihan untuk tahun 2018 ini berjumlah sebanyak 25 paket yang terbagi menjadi 15 paket dari dana APBN dan 10 Paket dari dana APBD Kabupaten Sarolangun.

"Pelatihan yang dilaksanakan untuk tahap awal ini yaitu 6 paket dari dana APBN,sedangkan sisanya bulan Agustus.Paket dari dana APBD Kabupaten Sarolangun tersisa 3 paket lagi yang belum dilaksanakan,"ucapnya,Rabu (25/7/2018).

Pelatihan yang dilaksanakan di BLK Kabupaten Sarolangun yang berasal dari dana APBN ini yaitu, Pelatihan Menjahit sebanyak 4 paket,komputer 3 paket, tata rias 2 paket, sepeda motor 2 paket, instalasi listrik 1 paket,audio vidio 1 paket, las listrik 1 paket dan bordir 1 paket.

"Untuk waktu pelaksanaan APBN selama 20 Hari kerja,sedang dari dana APBD selama 30 hari kerja, "ujarnya.

Lebih lanjut Afner Siregar menambahkan,untuk Instruktur dari pelatihan ini berasal dari tenaga profesional BLK Sarolangun serta Tenaga guru dari SMKN 1 dan SMKN 4.  (SRF)
 
Top