N3, Sarolangun ~ Guna menjaga kelestarian dan kehidupan adat istiadat Warga Suku Anak Dalam (SAD) atau orang rimba yang ada di wilayah Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten Sarolangun tidak henti hentinya melakukan pembinaan.

Terbukti, baru baru ini Camat Air Hitam Imron,S.STP bersama Tokoh masyarakat Kecamatan Air Hitam melakukan pemantapan terhadap tiga temenggung SAD  menjadi satu temenggung.

”Beberapa hari yang lalu, kita melakukan pemantapan tiga temenggung yang dijadikan satu yakni Temenggung Melimun,Temenggung Meladang dan Temenggung Melayang Batuah.Tiga temenggung ini kita jadikan satu yaitu menjadi Temenggung Meladang,"Ujar Imron,Camat Air Hitam.

Penyatuan tiga temenggung ini agar mereka bisa bertanggungjawab dan bisa dengan aman dalam menjalankan aktivitas kehidupannya di areal Pemukiman Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) yang di sediakan oleh pemerintah.

”Mereka sudah sepekat untuk disatukan, jadi tujuan kita tersebut agar mereka ada penanggungjawab dan mau bersama menempati kawasan Terpadu Mandiri (KTM),"Jelasnya.

Ditambahkan Imron, jika di Areal KTM tersebut bukan hanya tempat tinggal yang disiapkan oleh pemerintah namun lokasi pertanian sebagai ladang kehidupan bagi warga suku anak dalam (SAD) sudah disiapkan.

"Pemerintah tidak hanya menyiapkan pemukiman tempat tinggal untuk mereka tapi dilokasi KTM tersebut nantinya akan disiapkan lokasi tempat mereka bertani, supaya mereka bisa menetap dalam mencari sumber kehidupan,"tambah imron. (SRF)
 
Top