N3 Payakumbuh - Dengan mendatangi sejumlah sekolah yang ada di kota Payakumbuh, Dinas Pol-PP dan Pemadam kebakaran kota Payakumbuh sosialisasikan penanggulangan kebakaran dikalangan para pelajar dan guru.

Dijelaskan Kadis Pol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh Devitra kepada wartawan, Kamis (22/2) di lapangan, sejak Januari sampai Februari 2018 sedikitnya sudah 3 sekolah dengan total siswa sebanyak 292 orang dan 24 orang guru yang sudah menerima sosialisasi terkait penanggulangan kebakaran.

“Disamping sosialisasi kita juga menggelar simulasi penanggulangan kebakaran kepada pelajar TK Pius Payakumbuh, Rabu (21/2) kemarin. Sebanyak 28 orang murid dan 4 orang guru sekolah tersebut mendatangi Mako Damkar Payakumbuh untuk mengikuti sosialisasi sekaligus simulasi,” ujar Devitra.

Dikatakan Devitra, sosialisasi penanggulangan kebakaran selain dilakukan disekolah-sekolah, Damkar Payakumbuh juga sering mengunjungi lembaga, kantor Pemerintah, rumah sakit dan kelurahan.

“Selain itu, Damkar Payakumbuh sampai mengunjungi perguruan tinggi untuk mendapatkan ilmu pemahaman tentang penanggulangan kebakaran. Mereka diberikan juga teori tentang api, pengenalan peralatan dan tugas-tugas pemadam kebakaran. Para pelajar tersebut juga langsung mensimulasikan cara mengatasi kebakaran kecil, kebocoran gas elpiji dan penanganan pertama kebakaran yang disebabkan bahan bakar minyak,” ulas Devitra.

Menurutnya para guru dan murid mengaku sangat antusias dan bangga menerima sosialisasi tentang penanggulangan kebakaran ini dan sekaligus dapat mensimulasikan sendiri dengan menggunakan seragam Damkar yang khusus disediakan untuk mendukung kegiatan ini.

“Harapan kita, mudah-mudahan dengan cara ini kita dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat sejak usia dini dan tidak panik menghadapinya ketik√† terjadi bencana kebakaran sehingga akan meminimalisir frekuensi kebakaran di kota Payakumbuh,” simpul Devitra, (Rahmat Sitepu)
 
Top