N3~Sejatinya pendidikan adalah salah satu dasar yang seharusnya dimiliki setiap individu. Dengan pendidikan kita bisa membangun jati-diri yang berkarakter. Dan pendidikan merupakan kunci utama kemajuan bagi sebuah bangsa.

Justru wajah pendidikan di Indonesia belakangan ini banyak tercoreng kasus-kasus yang sejatinya tidak mencerminkan suatu tindakan yang tidak terdidik. Misalnya saja terjadi kasus kekerasan, seperti halnya kekerasan yang dilakukan murid kepada gurunya yang notabenenya sebagai pengajar.

Sontak kejadian tersebut membuat kita bertanya-tanya, apakah sistem pendidikan yang ada di Indonesia tidak efektif sehingga menjadikan pelajarnya menjadi tidak bermoral dan cendrung bertindak anarkis?

Mungkin sistem pendidikan kita yang selama ini diajarkan di sekolah-sekolah lebih cenderung hanya fokus mengajarkan pelajaran-pelajaran tentang ilmu pengetahuan saja. Dan tidak adanya pengetahuan yang mengajarkan pendidikan moral, sehingga para murid berlaku anarkis , destruktif dan tidak terkontrol. Sekolah hanya mengajarkan murid menjadi pintar namun tidak berakhlak.

Mari kita menoleh sedikit kebelakang, pendidikan yang dilakukan orang tua kita dan pendahulu kita, meraka bukan hanya mengajarkan anak-anaknya mendapat nilai tinggi dan ijazah saja. Para orang tua kita dahulu mengajari kita lewat media kebudayaan dan kesenian, sehingga para naka bukan hanya bertindak menggunakan akal pikiran saja, namun dengan perasaan dan hati terbuka. Dengan begitunya terbentuk kepribadian anak yang berkarakter dan berbudaya.(Mond)
 
Top