Paliko Gemstone Ramaikan Payakumbuh Agro Expo 2019


N3 Payakumbuh - Sebuah komunitas pencinta batu akik  Payakumbuh/50 Kota yang tergabung dalam wadah Paliko Gemstone turut meramaikan iven Payakumbuh Agro Expo 2019.

Iyud Fitra ketua Paliko Gemstone didampingi wakilnya Egon, mengatakan bahwa wadah persatuan pencinta batu akik ini baru terbentuk sekitar bulan Juli 2019 lalu. (11/9)

"Paliko Gemstone adalah gabungan dari para pencinta batu akik dengan tujuan ikut melestarikan hobi batu akik. Pada intinya dengan adanya komunitas ini kita turut memikirkan nasib ekonomi para pelaku dunia batu akik mulai dari hulu sampai ke hilir seperti penambang batu akik dengan perjuangan mereka mendapatkan bahan batu berkualitas tinggi", papar Iyud.

Lebih lanjut Iyud menambahkan bahwa ini adalah sebuah aksi kecil dalam mengakomodasi semua pihak yang terlibat dalam dunia batu akik. Maksudnya kita mendukung peningkatan taraf ekonomi para penambang, tukang asah, tukang cincin serta pelaku lainnya.

"Hal ini bisa dituangkan dalam beragam kegiatan seperti pameran atau kontes dari hasil olahan batu akik sebagai cindera mata. Lumut Suliki sebagai batu lokal nantinya bukan hanya untuk batu cincin semata,  tapi bisa sebagai hasil olahan dalam bentuk lain".

"Untuk itu diharapkan perhatian dari pemerintah setempat khususnya dinas terkait untuk turun tangan dalam bentuk pemberian subsidi pelatihan serta peralatan untuk produk alternatif berbahan batu lumut seperti kalung, asbak, tasbih, kancing jas dan lain lain", pungkas Iyud Fitra. (Rahmat Sitepu)

Post a Comment

Previous Post Next Post