Aceh Timur-Nusantaranews,Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar P3MD Kabupaten Aceh Timur Yusmiadi, SE, M.Si yang biasa disapa dgn sebutan Abu Yus meminta agar Kepala Desa lekas membuat laporan (LPJ), bagi yang belum menyerahkan Laporan Pertanggung Jawaban Dana Desa Tahun Anggaran 2018 agar segera menyerahkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Kabupaten Aceh Timur Kamis 28 Februari 2018.

Lebih lanjut Abu yus menyampaikan bahwa agar Pemerintahan Gampong bisa segera melakukan pengajuan Dana Desa Tahun Anggaran 2019. Sedangkan waktu sudah hampir menjelang memasuki bulan Maret namun gampong gampong yang  ada di Aceh Timur belum juga bisa membenahi diri, sudah 4 tahun Dana Desa sudah berjalan, namun Gampong masih berkutet dengan permasalahan yang itu itu saja ujarnya, Sambil menunggu pemerintah daerah mengesahkan perbup DD 2019, pemerintah desa terus menyerahkan LPJ DD 2018. Agar 2019 kita Aceh Timur jangan selalu ketinggalan dari kab/kota lainnya di Prov Aceh,Pihak P3MD Aceh Timur juga memohon agar geuchik mau mengoptimalkan pendamping desanya, baik yang Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) dan Pemdamping Desa Infrastruktur (PDTi) yg ada di semua kecamatan maupun Pendamping Lokal Desa (PLD) di tingkat desa. Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar dan juga mengharapakan kepada pemerintahan desa agar bisa lebih meningkatkan anggaran Dana Desa 2019 kepada pos kesehatan agar dapat menurunankan  angka penderita Stunting bisa di cegah sedini mungkin, maka dengan demikian untuk dapat meningkatkan dana di posyandu,Stunting adalah Sebagian orang mungkin asing dengan istilah tersebut.

Stunting adalah kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya,Di Indonesia, kasus stunting masih menjadi masalah kesehatan dengan jumlah yang cukup banyak.
Hal ini disebabkan oleh kekurangan gizi kronis dengan manifestasi kegagalan pertumbuhan (growth faltering) yang dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun,gagal tumbuh (paneuk), jangan sampai generasi Aceh Timur kita kelak generasi  pendek dan kecil-kecil demikian ungkap Abu yus.(..)
 
Top