N3 Limapuluh Kota - Berkomitmen penuh dalam menekan angka pengangguran dan meningkatkan kualitas dan produktifitas masyarakatnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Limapuluh Kota kembali mengirimkan pemuda asal Kabupaten Limapuluh Kota untuk mengikuti pendidikan kepelatihan kerja ke PT.Jaya Perkasa Textile Sukoharjo, Solo Jawa Tengah, baru-baru ini.

Pelepasan 7 orang pemuda Limapuluh Kota yang akan mengikuti pelatihan kerja ini langsung dilakukan oleh Kepala Dinas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Limapuluh Kota, Irvan Am di dampingi oleh Kabid Ketenagakerjaan,Afrizal dihalaman Ex-Kantor Bupati,Payakumbuh.

Dalam arahannya kelapa Dinas Perindustrian dan Tenaga kerja Limapuluh Kota, Irvan Am mengimbau ke 7 pemuda Limapuluh Kota tersebut untuk fokus dalam mengikuti pelatihan kerja tersebut nantinya.

Selanjutnya, dirinya meminta kepada seluruh peserta pelatihan untuk selalu menjaga kedisiplinan dan kekompakan selama mengikuti program pelatihan tenaga kerja di Jawa Tengah tersebut.

“Bapak meminta agar seluruh peserta yang akan dikirim ke PT.Jaya Perkasa Textile ini untuk benar-benar mengikuti pendidikan dan pelatihan dengan sungguh-sungguh. Agar nanti peserta ini dapat langsung terjun kedunia kerja bahkan hendaknya bisa membuka lapangan kerja sendiri nantinya,"ucapnya.

Diakhir arahannya, Irvan berharap dengan kegiatan-kegiatan pelatihan kerja ini dapat menjadikan pemuda Limapuluh Kota menjadi pemuda yang mandiri, berdaya saing dan kegiatan ini juga dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Limapuluh Kota.

Sementara itu Kabid Ketenagakerjaan, Afrizal di kesempatan itu mengatakan bahwa pengiriman pelatihan kerja kepada pemuda Limapuluh Kota ini adalah bentuk dari komitmen dan kepedulian yang terus digaungkan oleh Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi dalam menekan angka pengangguran di Kabupaten Limapuluh Kota.

Dikatakannya, untuk tahap pertama ini, seusai Perjanjian (MoU) dengan PT Jaya Perkasa Textile, Pemkab Limapuluh Kota mengirimkan 7 orang pemudanya,dan nantinya akan mengikuti berbagai pelatihan diantaranya adalah tentang pelatihan industri mesin garmen.

"Untuk tahap pertama ini kita akan mengirimkan 7 orang pemuda, InsyaAllah kedepan sesuai dengan Dalam MoU dengan PT tersebut, daerah kita berpeluang untuk mengirimkan 1600 orang lagi pemuda kita untuk mengikuti pelatihan kerja ini"lapor Afrizal.

Disamping itu Afrizal menambahkan bahwa, pemuda yang akan dikirim dalam pelatihan kerja ini nantinya juga bisa langsung untuk bekerja sebagai karyawan/ti PT Jaya Perkasa Textile tesebut apabila pemuda tersebut bekerja sesuai  dengan SOP dari PT tersebut, dan akan berhak untuk menerima hak sesuai undang2 ketenagakerjaan berupa Upah, Premi hadir, Lembur, BPJS ketenagakerjaan, uang makan siang dan lainnya.

“Kita optimis kedepannya, dapat mengirim lebih banyak pemuda kita untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan tenaga kerja ini, sehingga dapat menjadikan pemuda Kabupaten Limapuluh Kota pemuda yang mandiri dan berdaya saing di dunia kerja, sesuai dengan Visi dan Misi bapak Bupati kita,” pungkas Afrizal. (Rahma

 
Top