N3, Sumbar ~ Banyak legenda kisah dalam budaya minang yang dapat dikreasikan. Seperti, penampilan Jessie Chung dalam Simpony Theater Music Box dalam memajukan pengemasan pementasan tari,  theater dan musik di Sumatera Barat.   walaupun dengan budaya kita sendiri. 

Ini dikatakan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno disela-sela pertunjukan panggung pentas Jessie Chung yang telah mendunia,  di Auditoroun Univesitas Negeri Padang (UNP),  Rabu malam (7/3/2018).

Menurutnya ragam tari,  musik dan pola pertunjukan kesenian budaya Minang seperti Randai,  jika dikemas dengan pola yang ditampil Jessie Chung dan kawan-kawan malam ini tentu akan mampu membanguan imege baru dalam pengembangan pertunjukan seni budaya minang yang kita banggakan. 

Salah satunya memanfaatkan teknologi informasi sehingga pentas yang mono bisa menjadi berbagai lokasi yang mampu mendukung cerita yang dipentaskan. 

Padahal begitu banyak kisah dan cerita unik dimasing-masing daerah 19 kabupaten dan kota yang memberikan pesan budaya dan karakter masyarakat Sumatera Barat,  dengan berbagai spesifik daerah,  jika diolah para seniman kita kemudian dipertunjukan seperti Simponi Theater Music Box malam ini, tentu akan mampu menonjolkan potensi pariwisata daerah masing-masing kabupaten kota. 

Pengembangan pariwisata tidak bisa lepas dari peran kreatifitas para seniman, budayawan dalam bentuk karya-karya nyata yang mampu menggerakan pemberdayaan peran serta masyarakat kita cinta akan daerahnya sendiri, dan bersama-sama memajukan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,  himbau Gubernur Irwan Prayitno. 

Hadir dalam kesempatan itu,  Wakil Ketua DPRD Arkadius, Forkopimda Sumbar, Wakil Gubernur Nasrul Abit,  Rektor UNP,  kepala OPD dilingkup Pemprov Sumbar, para pencinta pertunjukan theater Music Box lebih kurang 3.000 an. Relis/Zardi
 
Top