Gubernur Sumbar :”Nasionalisme dan Kelangsungan Bangsa”

Nn, Padang -- Jiwa nasionalisme bagi kalangan pemuda perlu kita motivasi sebagai bahagian dalam melestarikan keberlangsungan bangsa dan Negara Indonesia hari ini dan masa datang. Pemuda merupakan motor penggerak terdepan dalam menunjukan nilai-nilai nasionalisme dalam menumbuhkan martabat bangsa, karena pemuda memiliki kesempatan yang luas dalam berbagai sektor pembangunan.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam sambuatannya pada Seminar Nasional Peranan Pemuda Dalam Mewujudkan Semangat Kebangkitan Nasional melalui Demokrasi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, di Auditorium Gubernuran, Rabu pagi (29/5). Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Pemuda Olahraga Priadi Syukur,SH, Ketua DHD 45 Drs. H. Zulwadi Dt. Bagindo Kali, Kertua REI Ir.Alqudri, Ketua KNPI Drs. Adib Alfikri, serta Ketua dan Pengurus KNPI se Sumatera Barat.

Gubernur Irwan Prayitno lebih jauh menyampaikan, pemuda dalam kapasitas mampu menunjukan nilai-nilai nasionalisme itu karena belum memiliki beban keluarga, dll, sehingga mereka mampu berinovasi mengembangkan diri untuk menunjukan sesuatu pada kualitas diri yang bermartabat.

Karena itu seorang pemuda yang aktifis memiliki kemampuan diri yang terasah dan mampu bersaing saat mereka telah bekerja maupun dalam berusaha sendiri. Pemuda mesti juga bergerak secara dinamis mengembangkan diri pada sikap kepedulian, dalam kebaikan pembangunan dan perjalanan bangsa. Cerminan ini memberi kesadaran pemuda mampu memberi warna dalam keberlangsungan sebuah negara dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Negara kecil Singapura, yang hanya memiliki penduduk lebih kurang 5,5 juta jiwa juga memperlihatkan sikap nasionalisme dimana dengan berbagai etnis masyarakat mereka berusaha sekuat tenaga mempertahankan kondisi stabilitas negaranya. Malaysia dengan sikap nasionalismenya masyarakatnya  siap mempertahankan setiap tanah negerinya jika mereka diserang, bergitu juga dengan negara lainya. Ujarnya

Irwan Prayitno juga menyampaikan, bagi negara maju Amerika, Inggris dll, bendera bagi mereka bukan lagi menjadi sesuatu yang dimulikan, bagi masyarakat lambang bendera itu dapat menjadi pakaian asisoris kursi, kain lain.

Bagi kita bendera sesuatu simbol yang patut diletakan pada sesuatu tempat yang layak, dan simbol bendera juga menjadi sorotan penting dalam rasa nasionalisme itu. Dahulu para pemuda kita memperlihat rasa nasionalisme mereka dengan berjuang melawan penjajah yang juga memperlihatkan sikap patriotisme. Dari Sumpah Pemuda hingga tercapainya Proklamasi Kemerdekaan yang menunjukan semangat nasionalisme pemuda kita.

Saat ini pemuda kita  memperlihatkan sikap nasionalisme itu dalam kegiatan mengisi kemerdekaan yang diperlihatkan dengan keberhasilan pelaksanaan pembangunan mencapai cita-cita mewujudkan Indonesia yang sejahtera. Oleh karena itu nasionalisme mesti dimiliki oleh setiap pemuda kita sebagai jaminan kuat dalam melanjutkan kesinambungan pembangunan masa datang.

Nasionalisme sesuatu yang amat penting dalam meningkatkan martabat bangsa, dan negara tanpa itu Indonesia bisa lumpuh diobok-obok bangsa lain, tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatangan kesempakatan KNPI dengan DPD REI Sumatera Barat, pencanangan kewajiban setiap develover pembangunan perumahan wajib memasang Tiang Bendera. Hal ini dilakukan desakan pengurus DHD 45 melihat perkembangan dinamika masyarakat yang mulai menurun rasa nasionalisme, terutama pada saat acara Peringatan HUT RI, masih banyak rumah tidak menaikan Bendera Merah Putih. Zardi
Previous Post Next Post