Sumbar Adakan Bimtek Penataausahaan Pramu

Nn, Padang -- Tugas pramu pimpinan memiliki peranan penting dalam pelayanan dinas, seorang pramu pimpinan haruslah menguasai dengan baik amanat dari peraturan gubernur nomor 49 tahun 2009 tentang prosedur pelayanan tamu. Etika dan mekanisme pelayanan tamu harus dilaksanakan sesuai tata krama yang ditentukan agar pelayanan prima dapat terlaksana dengan baik.

Ini disampaikan Sekdaprov. Dr.H. Ali Asmar,MPd dalam pembukaan Bintek Penatausahaan Pramu Pimpinan dilingkungan Provinsi Sumbar di Padang, Rabu (17/40). Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Biro Umum Asben Hendry,SE,MM , beberapa pejabat eselon IV dan III dilingkungan Biro Umum serta utusan Pemkab/ko se Sumatera Barat.

Lebih lanjut Sekda menyampaikan, ketidakpuasan beberapa orang  dari daerah yang telah memasukan surat ke pemprov, akibat lalai dan kurang telitinya pegawai , masalah ini telah menjadi perhatian pimpinan. Hal ini disebabkan karena pelayanan pramu pimpinan belum prima, sehingga masyarakat merasa dilecehkan atau tidak dilayani dengan baik, padahal mereka datang jauh-jauh untuk mengetahui surat yang telah dikirimkannya.

Terkadang ada surat yang dikirimkan oleh Bupati/Walikota untuk gubernur untuk menghadiri sebuah pertemuan penting atau kegiatan kedinasan lainnya,terkendala dengan surat yang tidak sampai pada alamatnya.

Pengalaman kurang menyenangkan yang menyebabkan citra birokrasi tercoreng karena ulah segelitir orang pramu pimpinan. Padahal pramu pimpinan bertugas melayani pimpinan dan masyarakat terlayani, karena itulah diberikan bimtek tentang pelayanan pimpinan yang propesional dan sesuai dengan tujuan reformasi birokrasi yaitu good govermance, sehingga layanan prima yang dicanangkan dapat terwujud dan bukan sekedar wacana.

Selain itu adanya pengenalan dan pemahaman yang tepat serta monitoring evaluasi terhadap tugas pramu   pimpinan diharapkan akan mampu menciptakan pelayanan prima yang merupakan bahagian dari Good Govermance yang merupakan tujuan akhir dari reformasi birokrasi.

Reformasi birokrasi menuntut adanya pegawai negeri sipil yang propesional dalam melaksanakan tugasnya melayani masyarakat, sudah saatnya pemerintah kita memberikan pelayanan prima dilingkungan masyarakat yang diayominya,”tambahnya.

Sementara Kepala Biro Umum, Asben Hendri,SE,MM mengatakan kegiatan Bintek ini bertujuan untuk menyamakan persepsi alam melaksanakan tugas pramu pimpinan. “Sebagai langkah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pada staf pramu pimpinan dan meningkatkan pemahaman fungsi ketatausahaan dalam mendukung tugas pelayanan kepada pimpinan.

Pelaksaan bintek yang dilakukan selama dua hari mulai rabu tanggal 17 April dan 18 April 2013 di padang ini dihadiri peserta yang berasal dari provinsi Sumbar dan 19 Kabupaten / Kota berjumlah 60 orang.

Pramu pimpinan Bupati/Walikota masing-masing satu orang, pramu pimpinan wakil  Bupati/Walikota masing-masing satu orang, pramu pimpinan Sekda Kabupaten/Kota masing-masing satu orang serta utusan dari Provinsi sebanyak tiga orang. Untuk narasumber Bintek ini terdiri dari kementerian dalam negeri RI, Sekda Provinsi Sumatera Barat, kepala Biro Hukum dan Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Sumatera Barat, ulasnya.

Previous Post Next Post