Walikota Padang : "Anggota BPSK Harus Pro Konsumen"

Nn, Padang -- Walikota Padang DR Fauzi Bahar menegaskan bahwa anggota BPSK kota Padang dalam melaksanakan tugasnya haruslah dilandasi dengan niat yang ikhlas dan pro konsumen. Dengan demikian keberadaan BPSK betul-betul dirasakan manfaatnya  oleh  masyarakat.
 
Hal tersebut ditegaskan Fauzi Bahar dalam sambutannya usai pelantikan anggota BPSK kota Padang periode 2011-2016 di Pangeran Beach.
 
Lebih lanjut Wako mengatakan, BPSK  yang telah dibentuk sejak tahun 2006  lalu cukup banyak berbuat dalam menyelesaikan berbagai persoalan antara pelaku usaha dengan konsumen. Bahkan dengan  keaktifan tersebut BPSK Padang  dianggap terbaik oleh kementerian perdagangan RI untuk saat ini. 
 
Oleh karena itu kinerja tersebut harus dapat dipertahankan dan  ditingkatkan , sehingga konsumen merasa terlindungi dari berbagai upaya pembodohan terhadap suatu produk atau jasa.
 
Kecuali itu, Walikota Padang juga meminta anggota BPSK Padang untuk pro aktif dalam mencerdaskan konsumen. Apapun alasannya konsumen harus cerdas dalam membeli produk tertentu. Apalagi yang berkaitan dengan produk makanan yang sering dijual atau djajakan di sekolah sekolah. Kepada guru dan anak didik, harus diberikan pengetahuan dasar dalam menilai produk yang akan dimakan. Jangan hanya tergiur dengan warna-warni suatu produk  yang terkadang tidak baik untuk dikonsumsi, sebut walikota.
 
Selain pembekalan kepada konsumen/pemakai , BPSK juga memberikan solusi kepada pelaku usaha yang kalau diketahui produknya tidak baik untuk dipasarkan. Berikan pengertian dan pemahaman dan jika perlu carikan bentuk usaha lain, agar mata pencahariannya tidak hilang.
 
Walikota Padang juga menantang BPSK untuk ikut membina beberapa pedagang yang usahanya perlu dialihkan. Misalnya pedagang telur penyu sepanjang pantai Padang. Bagaimana mereka itu tidak tergantung dengan hanya berjualan telur penyu lagi, tetapi dalam bentuk usaha lain. “Saya minta pihak perbankan (bank nagari ) untuk juga ikut membina pedagang dengan memberikan kredit”,ujar Fauzi Bahar.Dengan demikian kita sekaligus mengantisipasi kepunahan habitat penyu.
 
Harapan Wako ini bukan hanya sekedar ucapan saja, Bahkan BPSK diminta untuk segera menyusun program tersebut dan kepada pedagang yang ingin mengalihkan usahanya maka  pasar inpres siap menampung . “JIka ini berhasil  saya beri  keringanan sampai separoh harga,” tegasnya .
 
Usai pelantikan BPSK Padang  periode 2011-2016 langsung  mengadakan rapat perdana dengan agenda pemilihan ketua dan wakil ketua. Adapun ketua  merangkap anggota Fatyuddin (unsur pemerintah) dengan wakil ketua Ir.Priyanto,MM,MH (unsur  pelaku usaha).Anggota lainnya ialah  Desemberius,SE,MM,  Drs. M.Syahrial,Apt. Sedangkan unsur konsumen  Zulnadi, SH, Azwar Siri, SH dan Erison AW,S.S , pelaku usaha  H Zamri Malik,SH dan H.Erwin Bustamam,SE,M.Si. Rcd/rel

Post a Comment

Previous Post Next Post