Walikota Padang, Inspektur Upacara Haornas

nusantarannews, padang -- Walikota Padang, DR. H. Fauzi Bahar, M.Si, pimpin upacara Peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke- 27 tahun 2010 dihalaman Polresta Padang.

Fauzi saat membacakan kata sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga, DR. Andi A. Malaranggeng mengatakan, sejarah perjalanan bangsa Indonesia membuktikan bahwa olahraga tidak hanya sebagai sarana peningkatan pola hidup sehat dan prestasi, tetapi sekaligus sebagai media perjuangan dan pemersatu bangsa.

Terlaksananya Pekan Olahraga Nasional (PON) I, tanggal 9 September 1948 di stadion Sri Wedari Kota Solo (Surakarta) Jawa Tengah membuktikan bahwa olahraga adalah media perjuangan untuk menujukan kepada dunia tentang eksistensi Bangsa Indonesia sebagai sebuah Negara Berdaulat.

Indonesia adalah Negara demokrasi terbesar ke tiga di dunia, juga sebagai anggota G-20 yaitu dua puluh Negara yang menentukan ekonomi dunia. Tahun depan bersamaan sebagai tuan rumah Sea Games 2010 Indonesia juga menjadi ketua Asean.

Makanya kita harus sadar bahwa atlit tidak datang dari langit, bakat alam tidak cukup untuk menjadi juara di tingkat Internasional, bakat harus diasah sejak usia dini dengan pembinaan di dalam keluarga, sekolah, klub-klub olaraga dan oleh berbagai organisasi olahraga di pusat maupun daerah, kompetisi harus digalakan di desa-desa, Kecamatan, Kabupaten/kota, Propinsi sampai tingkat Nasional.

Kita semua berharap, Pemerintah-pemerintah daerah, Dunia swasta dan segenap masyarakat Indonesia harus bersatu padu untuk mendorong kebangkitan prestasi olahraga Nasional.

Selanjutnya, Walikota Padang Fauzi Bahar di damping Waka Polresta Padang, AKBP Wisnu Handoko, Kepala Dispora Kota Padang Firdaus Ilyas, menambahkan untuk menjaga badan selalu tetap segar dan sehat hendaknya kita dapat melakukan olahraga secara teratur dan kontinu serta makan dengan teratur, misalnya seorang nelayan badan akan selalu sehat dan segar karena dia tiap hari mandi dengan air laut dan jarang mendapat sakit karena air laut mengandung garam. Sedangkan air garam dapat mengawetkan berbagai macam makanan.

Jadi orang yang sering mandi dengan air laut, ketahanan tubuh dan phisiknya menjadi meningkat dari serangan berbagai penyakit, sebagai contoh seorang nelayan jarang mendapat penyakit, bahkan air laut dapat mengobati bermacam penyakit terutama penyakit kulit dan juga apabila masyarakat sehat tentu uang subsidi tidak diambil, ujar Fauzi Bahar, menjelaskan.

Acara Hornas dimulai dengan senam secara bersama dan mengadakan peragaan atraksi cabanga olahraga karate, disaksikan langsung Walikota.

Ditambahkan Kadispora Firdaus Ilyas mengatakan sekarang akan diadakan gerak jalan 5 K dari kalangan pendidikan tingkat SD, SMPdan SMA ditambah pertandingan Futsal dan Festifal Band sekota Padang lokasi GOR H. Agus Salim . rel/andre

Post a Comment

Previous Post Next Post