Persoalan Besar Umat


Oleh : Sri Nawangsih 
Ibu Rumah Tangga

Umat Muslim di Tanah Air belakangan ini disibukan dengan berbagai masalah. Salah satu permasalahan umat yang menghebohkankan adalah umat disibukan dengan polemik pengaturan pengeras suara azan. Tersirat kekhawatiran suara azan dengan pengeras suara sebanyak 5 kali sehari akan mengganggu ketenangan warga, bahkan ada yang berpendapat bahwa umat Muslim tidak pelu menggunakan pengeras suara karena Tuhan Maha dekat, juga seorang Muslim yang sadar akan kewajiban shalat tidak memerlukan panggilan sekeras itu.

Azan merupakan panggilan shalat yang diperintahkan oleh Rasulullah saw. kepada kaum muslimin yang harus dikeraskan suaranya dan seluruh makhluk yang mendengarkannya akan menjadi saksi pada hari kiamat. Maka keliru jika ada yang mengusulkan pelarangan pengerasan suara azan. Azan merupakan panggilan shalat lima waktu untuk kaum Muslim. 

Sebenarnya ada masalah yang lebih utama daripada permasalahan pengerasan suara azan. Yang utama itu ialah sekularisme, yaitu paham batil yang memisahkan agama dari kehidupan yang menyebabkan seorang Muslim tidak peduli dengan Agamanya. Sekularisme juga melahirkan pluralisme hingga sinkretisme. Tidak sedikit Muslim yang mencampuradukan ibadah dan keyakinan mereka dengan umat yang lain. Karena sekularisme pula umat Muslim di Tanah air rentan mengalami pemurtadan, juga maraknya penistaan terhadap agama. 

Selain sekularisme, masalah utama lainnya adalah kapitalisme dan oligarki. Segelintir orang yang berkuasa dan mendzolimi rakyat. Kejahatan nyata dari kapitalisme ini adalah naik dan langkanya sejumlah kebutuhan pokok. Negara harusnya menjamin kebutuhan pokok rakyat serta menghukum permainan para pengusaha jika terbukti melakukan kecurangan. 

Sebenarnya pangkal persoalan umat ini adalah ketiadaan penerapan syariah Islam yang akan menuntaskan seluruh persoalan. Khilafah akan menghapus paham sekularisme, melindungi aqidah umat dan menciptakan regulasi untuk memberantas praktik bisnis kartel, monopoli serat kecurangan lainnya.

Oleh Karena itu sudah saatnya kita bersegera meninggalkan sistem kapitalisme yang menyengsarakan rakyat, dan berjuang bersama - sama untuk menegakkan syariah Islam kaffah.

Wallahu a'lam bishawab.

Post a Comment

Previous Post Next Post