Dprd Kabupaten Pasaman, bentuk pansus dalam penanganan air PDAM



Pasaman - nusantaranews.net,
DPRD Kabupaten Pasaman membentuk Pansus terkait penyertaan modal kepada PDAM Tirta Saiyo dengan nilai 30 milyar yang bersumberkan dari APBD Kabupaten Pasaman. Anggaran ini rencananya akan digunakan untuk pengembangan Program MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) dan akan direalisasikan dari Tahun 2021 sampai 2025 secara bertahap. 

MBR merupakan program pemasangan gratis meteran baru bagi masyarakat yang belum menjadi pelanggan PDAM, ditargetkan 2 ribu pelanggan baru pertahun sampai tahun 2025. Sehingga akan ada 10 ribu pelanggan baru yang tercipta dari program MBR sampai Tahun 2025.

Pansus ini terdiri dari 13 anggota DPRD Kabupaten Pasaman yang diketuai Yulisman A.ma dari fraksi Partai PAN, diawali Yulisman sebagai ketua Pansus mempertanyakan kondisi PDAM saat sekarang, karena menurutnya pengalokasian dana yang cukup besar ini harus jelas penggunaannya, dan membawa kemajuan bagi PDAM Tirta Saiyo Kabupaten Pasaman 
 
Dari Pihak PDAM Tirta Saiyo turut hadir direktur Ahmad Subur ST, bersama beberapa Kepala bagian, Ahmad subur dalam pemaparannya mengakui akhir -akhir ini banyak keluhan masyarakat terhadap PDAM, hal itu di sebabkan karena beberapa sumber air mengalami gangguan disekitar sumber seperti banyaknya hutan-hutan yang gundul, sehingga mengakibatkan rendahnya debit air yang akan disalurkan kepelanggan PDAM. 

Ondaria, salah seorang pejabat di PDAM Tirta Saiyo juga mengatakan untuk penerima bantuan MBR telah ada datanya, dan tersebar di seluruh kabupaten Pasaman. 

"Untuk penerima MBR telah ada datanya sama kita dan tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Pasaman, dan tahun ini kita targetkan pemasangan untuk 2 ribu pelanggan baru" Kata ondaria

Anggota Pansus Ristawadi Basri, Salamat Simamora dan Welly Suheri juga mencerca pihak PDAM dengan berbagai pertanyaan terkait pelayanan dan kualitas air yang belum maksimal, karena ketiga legislator ini juga banyak menerima laporan dari masyarakat seperti Air PDAM berpasir dan berlumpur, seringnya air mati di wilayah kecamatan lubuk sikaping dan permasalahan lainnya. 

Pansus DPRD Kabupaten Pasaman, akan membuat undangan lagi kepada Pihak PDAM agar tercapai kesepahaman dalam menyikapi berbagai persoalan di PDAM Tirta Saiyo Kabupaten Pasaman. 
(In Psm).

Post a Comment

Previous Post Next Post