Wagub Nasrul Abit Tinjau Jalan Menuju ke Teluk Tapang Masih Berlumpur

Pasbar- Wakil Gubernur Sumatera Barat lakukan peninjauan jalan dari Simpang Empat menuju Teluk Tapang memakan waktu lebih kurang  4,5 jam dari jam 8.30 - 13.00 Wib. Jalan yang ditemui masih belum dapat dilalui dengan cepat lantaran badan jalan masih becek dan berlumpur, Kamis (7/3/2019).

Pembangunan Teluk Tapang merupakan salah satu peluang Pasaman Barat dalam memajukan perkembangan daerah,  terutama penopang pelabuhan teluk bayur dalam menyalurkan pengirim barang dan jasa potensi daerah sekitar. Teluk Tapang kondisi tegak lurus menuju negara Timur Tengah Arab Saudi .

Wagub Nasrul Abit disela-sela kekunjungan menyampaikan,  pembagunan pelabuhan teluk Tapang bagian dari memajukan dan mengembangkan Kabupaten Pasaman Barat keluar dari daerah tertinggal.

Tahun inj Kementerian PUPR akan mengucurkan dananya Rp 40 miliar dalam pembangunan  jalan teluk Tapang sejauh 42 km,  harapan ini ditambah, karena keinginannya pada tahun 2020 jalan ke teluk Tapang ini selesai yang nantinya bisa dilewati mobil-mobil angkutan besar.

Yang kedua kita menunggu surat dari kementerian perhubungan RI tentang pengelolaan pelabuhan teluk Tapang oleh pelindo II. Jika pelabuhan teluk Tapang telah ada yang mengelola tentunya akan membawa kemajuan dalam operasional di daerah ini, ungkap Nasrul Abit.

Wagub juga mengatakan saat ini kita mengajakan kalangan profesional,  termasuk dari kementerian ESDM bagaimana melihat kondisi teluk Tapang dalam pengadaan air besih dan listrik.

Dalam dialog tadi sudah ditarik kesimpulan bahwa sudah ada potensi air besih 8 km dari lokasi teluk Tapang.Sementara untuk listrik kita akan dialog pihak PT PLN tentang potensi tangkos sawit yang dapat diolah menghasilkan listrik.

Ada 536.000 ton tangkos sawit per tahun yang diperkirakan dapat menghasilkan 10 megawat listrik. 10 megawat listrik dirasa cukup dalam mendukung operasional di teluk Tapang nantinya.

Selain itu juga akan dibangun pabrik sawit olahan turunan CPO,  ada batu besi dan potensi lainnya. Kita berharap pada tahun 2021 pelabuhan teluk Tapang telah dapat beroperasional dan dampaknya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitarnya,  ujar Nasrul Abit.
Previous Post Next Post