Gubernur Sumbar Buka Acara Orientasi Bagi DPRD Kota Padang

Nusantara~ Acara Orientasi dan Pembekalan yang dilaksanakan dari tanggal 22-24 September 2014 yang dilangsungkan di Rocky Hotel Kota Bukittinggi, diikuti seluruh anggota dewan yang berjumlah 45 orang.

Gubernur Sumatera Barat H Irwan Prayitno, membuka secara resmi acara Orientasi dan Pembekalan bagi anggota dewan Kota Padang tersebut. Narasumber yang didatangkan berasal dari Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat, kita hanya menyediakan tempat dan fasilitas lainnya, ungkap Ali Basar, Sekretaris DPRD Kota Padang, kala dijumpai www.nusantaranews.net
 
“Orientasi dan pembekalan ini sangat bermanfaat bagi seluruh anggota dewan, apalagi bagi para anggota dewan yang baru pertama kali terpilih menjadi wakil rakyat”, ungkap Yandri Hanafi, anggota dewan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Dikatakannya lagi, melalui orientasi dan pembekalan ini, anggota dewan diberikan pencerahan mengenai tupoksi tugas mereka sebagai wakil rakyat. Sebagai anggota dewan, maka dibutuhkan gambaran yang jelas terhadap fungsi dan tugas yang akan dilaksanakan.

"Disini kita diberi penjelasan bagaimana fungsi dan tugas sebagai anggota dewan. Ada tiga tugas pokok kita, yaitu legislasi yang terkait dengan pembuatan peraturan daerah (Perda). Selain itu budgeting yang berkaitan dengan penganggaran. Dan controling atau yang berkaitan dengan pengawasan yang dilakukan wakil rakyat terhadap kinerja dinas terkait," cakapnya.

Disinggung mengenai tempat pelaksanaan, Yandri mengatakan, semuanya diatur oleh Sekretariat DPRD. Sepanjang tidak melanggar aturan dan ada anggarannya, maka itu tidak menjadi persoalan. Dengan diadakan di Bukittinggi maka anggota dewan lebih fokus mengikuti orientasi. Jika diadakan di Padang, kemungkinan besar karena anggota dewan tinggal di Padang, banyak diantara mereka yang bolos atau pulang saat pelaksanaan orientasi, bebernya. (mond)
Previous Post Next Post