Gubernur Sumbar "BPKP Yang Membanggakan

nusantaranews.net ~  Suatu kerja yang membanggakan, buah kerja keras dam cerdas sampai tuntas yang dilaksanakan sampai tuntas penuh integritas. Kinerja insan BPKP dengan volue organisasi pioner, Profesional, Independen, ber-Orientasi pada pada penguna, ber-Nurani dan ber akal sehat, memiliki intergritas yang tinggi dan Responsibel terhadap amanah yang disandangnya.

Kepercayaan demi kepercayaan dari pemerintah terus meningkat dan menghasilkan kinerja yang baik hal ini sesuai dengan Inpres nomor 4 tahun 2011 tentang Percepatan Peningkatan Kualitas Akuntabel Keuangan Negara agar lebih efektif dan efesien.

Hal ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya sebagai inspektur Upacara HUT BPKP ke 31 tahun 2014, dihalaman kantor BPKP Provinsi Sumatera Barat, Jum'at pagi (30/5). Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala DPKD, Staf Ahli Gubernur Bidang Keuangan, kepala BPKP Sumbar, Kepala Inspektorat.

Lebih lanjut Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, peran dan fungsi BPKP yang juga secara aktif bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam hal pencegahan dan pemberantasan korupsi antara lain dengan melaksanakan koordinasi Supervisi pencegahan (Korsupgah) dan koordinasi Penindakan Korupsi bersama KPK pada tingkat provinsi di seluruh Indonesia.

BPKP secara aktif melakukan upaya pencegahan, preventif-edukatif, melalui sosialisasi program anti korupsi dan Fraud Control Plan (FCP). BPKP juga melakukan pengawasan bersifat represif atas permintaan APH maupun pihak lainnya berupa audit investigasi dan bantuan perhitungan Kerugian Negara (pkkn) serta pemberian keterangan ahli di pengadilan tipikor, ujarnya

Irwan Prayitno juga menyampaikan, optimalisasi peran BPKP diharapkan publik mampu lebih menyentuh subtansi dari pelayanan publik, terutama terkait dalam pelayanan minimal yang harus dinikmati seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya pengawasan yang bersifat administrasi keuangan. Dengan optimalisasi peran BPKP dapat kontribusi untuk mensejahterakan masyarakat dengan potensi penghematan keuangan negara sebesar Rp.77, 72 Triliun.

Dimasa datang BPKP juga diharapkan mampu mengoptimalkan seluruh sumberdaya terutama SDMnya, untuk menghasilkan output dan outcome yang tinggi dalam pengawasan baik bersifat konsutasi maupun assurance.

Menyambut pemerintahan yang baru dan seiring dengan tantangan yang semakin kompleks dan tugas-tugas semakin berat BPKP harus mampu menjadi organisasi yang lebih baik dan berkinerja tinggi dengan mengedepankan trasnformasi budaya organisasi yang lebih baik, himbaunya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Irwan Prayitno juga menyerahkan penghargaan terhadap PNS yang berprestasi, melakukan penanaman pohon, meletakan pembanugunan masjid Ar-Rasyid BPKP Sumbar dan diakhiri dengan ceramah Maulid Nabi bersama seluruh pegawai BPKP Sumbar. Zardi
Previous Post Next Post