Tradisi “Mambukak Kapalo Banda” Tingkatkan Silaturrahmi

Padang, Nn --  Walikota Padang Dr. Fauzi Bahar, M.Si menghadiri prosesi "Mambukak Kapalo Banda" yang digelar warga Sungai Pisang Kelurahan Teluk Kabung Selatan Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Acara ini  didahului dengan penyembelihan seekor Kerbau.

Walikota mengapresiasi, tradisi Mambuka Kapalo Banda ini merupakan tradisi yang telah lama berkembang dalam masyarakat Minangkabau. Biasanya digelar karena sesuatu hal melanda kampung. Seperti yang dirasakan masyarakat Sungai Pisang saat ini dimana dua tahun berturut - turut gagal panen.

"Hikmah yang bisa kita ambil dari tradisi ini adalah kepasrahan kita kepada Sang Khaliq. Tatkala segala usaha sudah kita maksimalkan tetapi hasil yang kita dapatkan jauh dari yang kita harapkan, maka mengadu kepada Tuhan adalah jalan tepat yang kita tempuh,"ujar Fauzi Bahar. Acara ini merupakan sebuah tradisi lawas yang selama 41 tahun terakhir belum pernah digelar kembali di daerah pesisir Kota Padang ini.

 Selain bertujuan untuk menghidupkan tradisi, acara ini juga dimaksudkan agar Tuhan menjauhkan segala bala dan bencana. Terutama kaitannya dengan gagal panen masyarakat setempat yang disebabkan hama dan sebagainya.

Ditambahkan Fauzi, memotong seekor kerbau bukan berarti untuk kita persembahkan kepada sesuatu yang tidak jelas melainkan untuk kita nikmati bersama dalam sebuah acara akbar seperti sekarang. 

" Pada saat berkumpul seperti sekarang, inilah kesempatan kita mempererat silaturahmi. Bila ada yang mengganjal diantara kita maka kita jernihkan dan luruskan,"katanya. Sementara itu, dalam kesempatan yang sama masyarakat melalui Ninik Mamak setempat menyampaikan harapan mereka agar akses jalan ke Sungai Pisang dapat diperbaiki. Jalan itu merupakan akses satu - satunya jalur darat yang dimanfaatkan warga untuk bisa sampai ke Bungus dan Pusat Kota.

Menurut warga yang disampaikan ninik mamak Februardi Rangtuo Marahkayo, selain akses jalan, kebutuhan untuk sekolah lanjutan berupa SMK Kelautan juga merupakan impian para orang tua dan anak - anak di Sungai Pisang ini.

Fauzi Bahar menanggapi harapan warga tersebut, bahwa untuk jalan sudah merupakan program Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang akan dilaksanakan tahun ini atau paling lambat pada awal 2014 nanti. Menurutnya, Gubernur sudah menandatangani untuk kelanjutan pembangunan jalan Teluk Kabung hingga Pesisir Selatan yang melintasi Sungai Pisang dan Sungai Pinang.

"Harapan warga untuk memiliki SMK Kelautan di Sungai Pisang adalah juga akan diperjuangkan di tingkat pusat. Yang penting warga menyiapkan lahan yang bersertifikat. Kapan perlu saya dan anggota DPR RI Michel akan membuatkan sertifikatnya,"tandas Fauzi. Pada kesempatan tersebut, Walikota Padang juga menyerahkan bantuan berupa 1 unit handtraktor kepada kelompok tani setempat.

Walikota hadir dalam kesempatan tersebut bersama anggota DPR RI M. Ichlas Elqudsi, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Indra Datuk Rajolelo, Anggota DPRD Kota Padang Masrul Rajo Intan, serta Camat dan Muspika setempat. Kehadiran Walikota dan rombongan disambut Ninik Mamak beserta Ketua KAN dan LKAAM setempat selaku inisiator Mambuka Kapalo Banda ini. Rel
Previous Post Next Post