Wagub Sumbar Silaturrahmi Dengan Pengurus ORARI

Nn, Padang -- Kehadiran ORARI dalam memberikan bantuan serta kepeduliannya dalam kegiatan social kebencanaan sangat patut diberikan apresiasi. Peran ORARI tersebut sangatlah vital dalam situasi dan keadaan bencana. Karena ketika bencana terjadi, seperti gempa dan hal-hal lainnya, terkadang mengakibatkan jalur komunikasi seperti telepon, Handphone menjadi hilang. Pada saat itulah ORARI sebagai salah satu organisasi radio memperlihatkan dan mempergunakan kemampuannya untuk mengatasi terputusnya jalur komunikasi dengan memberikan informasi-informasi kebencanaan kepada masyarakat banyak melalui jalur Radio.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim, Akt, MM di sela-sela acara silaturrahmi Wakil Gubernur Sumatera Barat dengan Pengurus ORARI Provinsi Sumatera Barat, pagi tadi. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kabag. Telematika Setda Prov. Sumbar  ,Drs. Akral, MM,serta seluruh pengurus ORARI Kab/Kota Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Gubernur menyatakan bahwa menyikapi situasi Provinsi Sumatera Barat yang merupakan daerah rawan bencana, ORARI memiliki peran strategis di dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pemberdayaan informasi yang tepat dan akurat untuk menghadapi dan mempersiapkan masyarakat mengatasi keadaan bencana. ORARI diharapkan dapat memahami apa saja informasi yang dibutuhkan masyarakat untuk bersiap mengahadapi keadaan bencana.

Muslim Kasim juga berharap ke depannya ORARI tidak saja hanya sekedar sebagai pemberi atau penyalur informasi mengenai kebencanaan kepada masyarakat, tapi juga harus turun langsung ke lapangan memberikan bantuan kepada masyarakat. Membentuk SATGAS BENCANA salah satunya. Apabila nantinya terkendala dalam masalah SDM, pemerintah akan memberikan bantuan berupa training atau pelatihan Satgas ORARI dari BPBD. Asalkan semuanya harus bersungguh sungguh niatnya untuk membantu masyarakat, ungkapnya.

Program-program ORARI sebagai suatau organisasi juga hendaknya lebih mengarah kepada pendidikan karakter bangsa. Ini selain akan berdampak baik bagi masyarakat, juga secara tidak langsung akan berdampak besar bagi organisasi ORARI sendiri. Karena pelaksanaan program-program tersebut tentu saja tidak sembarangan orang yang akan menjalankannya, otomatis semua anggota yang akan menjalankan akan terbentuk juga karakternya secara baik. Dan nantinya juga akan berdampak baik bagi kelangsungan Organisasi ORARI.

Memelihara organisasi lebih sulit dari pada mendirikannya, untuk itu ORARI kedepannya dapat menjalankan program-program yang jelas serta bermanfaat bagi masyarakat banyak, bukan hanya untuk organisasi ORARI saja harapnya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post