Krisis Pangan di Kota Metro

Nn, Metro Lampung -- Kota Metro perlu mendapatkan prioritas dalam perencanaan. pembangunan ketahanan pangan. Apalagi dewasa ini, dengan cuaca yang ekstrim, produksi beras metro kian menurun. Apabila dibiarkan, ada kemungkinan berlanjut terus hingga tahun depan.

Seperti tahun lalu, dimana produksi beras untuk Kota Metro telah mengalami defisit sekitar tiga persen, ujar Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kota Metro Khadirman Syah saat temu ramah diruang kerjanya. 

Oleh Karena itu, pada tahun ini, permasalahan ketahanan pangan, akan menjadi perhatian serius bagi Bappeda Kota Metro dalam perencanaan pembagunan. 

Berdasarkan hasil musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat desa sampai kecamatan, Bappeda telah menampung usulan dari masyarakat untuk pembangunan tahun kedepan 2013, seperti perbaikan irigasi atau drainase.

Selain itu, kita juga ingin mengoptimalkan kembali lahan persawahan yang saat ini tidak berfungsi atau tidak optimal, untuk revitalisasi sawah, karena tidak lancarnya saluran irigasi atau drainase, ungkapnya.

Hal ini juga dirasakan oleh Dinas Pertanian Kota Metro, karena kebutuhan air yang tidak mencukupi, petani harus menerapkan pola tanam bergilir untuk memperoleh air.

Untuk mengantisipasi hal ini, diharapkan beberapa bulan ke depan, para petani dapat mengoptimalkan sumur-sumur yang telah ada, pintanya. Riswan

Post a Comment

Previous Post Next Post