Sahabatku, Surgaku


Oleh : Titis Bella Nuraini
_(Member Sekolah Srikandi, Kelas 2 SMPN 1 Rowokele)_

--- 

Hai kamu yang lagi baca tulisan ini, 
Kamu punya sahabat?
Kalau punya, menurut kamu arti sahabat itu seperti apa sih?
Apa yang terlintas di pikiran kamu saat mendengar kata "sahabat"?

Berawal dari tidak kenal, eh akhirnya kenalan, dan lama-lama menjadi teman biasa, lalu seiring berjalannya waktu, ternyata Allah mempertemukan kita untuk jadi sahabat.Wah, Masya Allah, Allah itu baik banget ya.

Kalai menurut aku, sahabat itu memiliki arti yang sangat banyak, bisa dibilang sahabat itu adalah segalanya bagiku.

Sahabat adalah keluarga, biasanya kalau sebuah hubungan persahabatan yang erat banget, pasti sudah seperti keluarga sendiri, sudah seperti saudara kandung kita sendiri ya kan?,
karena apa-apa tuh selalu bareng, jadi rasanya sudah kayak saudara kandung sendiri deh, hehehe.

Sahabat adalah cermin kamu!, kalau kamu lagi merasa senang bahkan sedih sekali pun, maka seorang sahabat yang baik, ia akan menjadi cerminmu, ia juga akan merasakan apa yang kamu rasakan.

Sahabat adalah orang yang selalu akan menemani, menjaga, menyayangi kamu walaupun dunia menjauhkanmu, walaupun orang-orang membencimu, namun, seorang sahabat yang baik, dia akan selalu ada di setiap suka dan dukamu. 

Sahabat adalah alarm terbaik mu, kamu punya alarm dirumah? nah kalau alarm itu kan fungsi nya buat ingetin kita atau bangunin kita kan? . Sahabat yang baik juga seperti itu, dia akan menjadi alarm kita disaat kita melakukan kesalahan, dia akan selalu ingetin kamu, dia gak akan diem aja kalo kamu melakukan kesalahan, dia pasti akan memberitahumu baik-baik. And, seorang sahabat yang baik adalah dia yang mau mengajakmu untuk selalu ingat kepada Allah, selalu ingat kepada kebaikan, karena suatu saat nanti dia ingin ke surga bareng sama kamu, Masya Allah aamiin.

Sahabat adalah gudang cerita kita! ibaratnya tuh kalo kita sudah punya sahabat, kita pasti akan selalu cerita berbagai kesedihan, kesenangan, bahkan permasalahan yang kita lagi rasakan atau hadapi sama dia.

Siapa disini yang suka banget curhat sama sahabat kamu? bersyukur ya kalau kamu punya seorang sahabat yang bisa dijadikan teman curhat di setiap kesenangan bahkan kesedihan kamu, dia rela lho meluangkan waktunya hanya untuk menjadi pendengar baik untukmu, bahkan terkadang dia juga rela ngasih solusi buat kamu dari sebuah permasalahan yang kamu hadapi.

Sahabat yang baik akan selalu mendo'akan mu. 

, دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

“Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Aamiin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.” (HR. Muslim, no. 2733)

Sahabat yang baik akan selalu mengingatmu kapan pun, dimana pun, termasuk di surga kelak, MasyaAllah. 

قَالَ قَائِلٌ مِّنْهُمْ إِنِّي كَانَ لِي قَرِينٌ

“… Berkatalah salah seorang di antara mereka; “Sesungguhnya aku dahulu (di dunia) mempunyai seorang teman”
(Surah ash-Shaffat [37] : 51)

Beberapa hadist yang menjelaskan tentang persahabatan diantara yaitu :

“Sebaik baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik baik jiran di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap jirannya.” (HR Al-Hakim)

“Di sekitar Arsy-Nya ada menara-menara dari cahaya, di dalamnya ada orang-orang yang pakaiannya dari cahaya, wajah-wajah mereka pun bercahaya. Mereka bukan para nabi dan syuhada, hingga para nabi dan syuhada pun iri kepada mereka.” Ketika para sahabat bertanya, Rasulullah menjawab, ‘Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling bersahabat karena Allah, dan saling berkunjung karena Allah.” (HR. Tirmidzi)

“Teman yang paling baik adalah apabila kamu melihat wajahnya, kamu teringat akan Allah, mendengar kata-katanya menambahkan ilmu agama, melihat gerak-gerinya teringat mati. Sebaik-baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap tetangganya.” (HR. Hakim)

“Seseorang itu tergantung pada agama sahabatnya, maka perhatikanlah salah seorang dari kamu kepada siapa dia bersahabat.” (HR Abu Daud)

Tapi, perlu dingat! 
Kita juga harus memilih milih dalam berteman ataupun bersahabat. Mungkin banyak orang yang bilang kalo kita itu gak boleh pilih-pilih  dalam berteman atau bersahabat.Ya, itu memang benar, namun arti pilih-pilih disitu adalah kita itu hanya mau berteman sama yang pinter saja, sama yang cantik saja, yang kaya aja dll+, kalo pilih-pilih yang seperti itu memang tidak boleh. Tapi maksud aku dalam pilih-pilih yang dibolehin adalah kita itu harus pilih teman mana yang baik, mana yang buruk, mana yang attitudenya/perilakunya/akhlaknya/sifat & sikapnya baik, mana yang tidak.

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

“Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian.” (HR. Abu Daud, no. 4833; Tirmidzi, no. 2378; dan Ahmad, 2:344. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: “مَثَلُ الجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ، كَحَامِلِ المِسْكِ وَنَافِخِ الكِيرِ، فَحَامِلُ المِسْكِ: إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً، وَنَافِخُ الكِيرِ: إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً “

“Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api (pandai besi). Adapun penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberikan hadiah kepadamu, atau engkau membeli darinya, atau engkau  mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin dia akan membakar  pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang buruk”.
[HR. Bukhari dan Muslim]

Dan Allah juga memberi peringatan kepada kita agar kita berhati-hati atau waspada dalam berteman/bersahabat. Jangan sampai teman/sahabat kita memiliki sifat/sikap seperti setan. Tahu setan kan? tugas setan/iblis/jin itu apa? untuk menyesatkan manusia kan? nah, untuk itu kita harus berhati-hati kalo ada teman kita yang mengajarkan atau mengajak kita ke dalam keburukan, kita jangan berteman lagi sama orang yang seperti itu... 
Firman Allah SWT :

لَقَدْ أَضَلَّنِي عَنِ الذِّكْرِ بَعْدَ إِذْ جَاءنِي وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِلْإِنسَانِ خَذُولاً

“Sesungguhnya Dia menyesatkan aku dari peringatan (al-Quran) ketika ia datang kepadaku dan adalah syaitan itu teman yang berkhianat kepada manusia. (Surat al-Furqan [25] : 29)

Ini adalah jenis pertemanan yang fana, penuh kepalsuan. Mereka mengaku sebagai kawan yang paling setia. nyatanya, ia berpaling ketika ia dibutuhkan. Setan digelari khadzul karena telah Berlaku untuk menjadi teman setia manusia. Ia menjadikan kemaksiatan tampak indah di depan mata. Tapi ia hanya berdusta semata-mata memperdaya syahwat manusia.

Kaum muslim & muslimah itu sebenarnya semuanya bersaudara, semuanya bersahabat, alangkah baiknya kita bisa menjaga hubungan persaudaraan & persahabatan ini sampai ke surga nya Allah kelak. Untukmu yang sudah menemukan seorang sahabat yang tepat, jaga dia, genggam dia, jangan sampai kamu lepaskan, dia itu ibarat berlian yang sangat berharga, berterimakasih lah kepada nya. Bagi yang belum menemukan sahabat yang tepat sampai sekarang, percayalah! suatu saat pasti Allah akan mendatangkan/menghadirkan sahabat yang benar² tepat untukmu, aku yakin pasti Allah itu akan memberikan walaupun hanya 1 orang saja sahabat untukmu, berarti memang 1 orang itu tepat banget buat kamu, bukankah berlian itu sangat sulit di dapat? yup! bener banget sama seperti sahabat, susah banget didapat. 

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ 

"Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.” (Q.S. Al-Hujurat:10)

Semoga kelak kita semua bisa berkumpul kembali di surganya Allah yaaa para sahabat Sekolah Srikandi, Aamiin allahumma aamiin.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْمَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ

“Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai.’” (HR. Bukhari, no. 6170; Muslim, no. 2640)

Post a Comment

Previous Post Next Post