Dandim dan Kapolres ikut Menari Soreng, selasa(02/10)
MAGELANG ---  Komandan Kodim 0705/Magelang  Letkol Arm Kukuh Dwi Antono membuka Festival Kesenian Soreng  di  Desa Bandungrejo, Ngablak, Magelang, Selasa ( 02/10).

Festival yang digelar untuk menyemarakkan  Hari Ulang Tahun Seni Soreng ke 55 “Warga Setuju” Dusun/Desa Bandungrejo, Ngablak, Magelang mengambil lokasi di Halaman Slamet Santoso yang merupakan Ketua Sanggar Seni Soreng Wargo Setuju

Dalam sambutannya Dandim Magelang mengatakan festival ini  merupakan moment yang menggembirakan karena pada hari ini kita dapat kembali menikmati Kesenian Soreng yang diselenggarakan oleh Panitia Festival Soreng yang bekerjasama dengan Instansi terkait dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun Seni Soreng ke 55 Warga Setuju

Kegiatan Ini merupakan salah satu upaya nyata dalam melestarikan dan mengembangkan aset nyata dan tidak nyata, berupa potensi dan budaya lokal yang dimiliki Kabupaten Magelang, masyarakat Magelang sebagai bagian dari masyarakat Jawa Tengah, memiliki tanggungjawab untuk nguri-uri keragaman asset budaya dan mengembangkan potensi budaya.

Festival budaya Soreng ini memberikan kesempatan kepada kita untuk kembali bernostalgia dan mendekatkan generasi muda kita pada budaya khususnya Tarian yang megandung makna Perjuangan, ada sebuah pepatah mengatakan "Cara mempelajari budaya orang, adalah dengan
mengenali Budaya kita sendiri", Setiap daerah memiliki kekhasan budayanya masing-masing, meskipun bentuk, tampilan, ekspresi, ataupurn rasa yang berbeda.
“ Kita terus berusaha, berupaya dan memiliki tanggungjawab untuk nguri-uri keragaman asset budaya dan mengembangkan potensi budaya. Salah satunya Tari Soreng” ujar Dandim disela – sela pembukaan festival.

Pembukaan Festival Soreng dihadiri oleh Forpimda Kabupaten Magelang dan para penggiat seni baik dari Kabupaten Magelang dan  dari luar Magelang. Tampak hadir beberapa aktivis seni dari ISI Yogyakarta dan Surakarta.

Pujiono, Ketua Paniti Festival Soreng mengatakan kegiatan merupakan upaya melestarikan kesenian soreng yang ada di Bandungrejo. Ia berharap kesenian soreng yang merupakan salah satu kearifan lokal dan budaya adiluhung bangsa. Festival soreng 2018 diikuti oleh 28 kelompok seni soreng dari berbagai wilayah. Festival direncanakan berlangsung hingga tanggal 7 Oktober 2018. Dandim, Kapolres dan Pejabat Pemkab Magelang turut menari soreng bersama Seni Soreng Wargo Setuju. (hbg)
 
Top