N3 Payakumbuh - Untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas ilmiah tenaga pendidikan yang ada di Kota Payakumbuh, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh menggelar seminar guru, kepala sekolah, dan pengawas TK, SD, dan SMP di Bakinco Resto, 24-27 Juli 2018.

Seminar yang digelar selama 4 hari ini menghadirkan penguji atau kontributor Dr. Khairani, M.Pd dosen UNP dan Dasril S.Pd, M.Pd Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh serta Pembimbing PTS/PTK Dr. Gusrizal, M.Pd dan Aini, S.Pd.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Drs. H. AH Agustion mengatakan sebagai syarat naik pangkat, guru, kepala sekolah, dan pengawas harus melakukan seminar terhadap penelitian yang telah dilaksanakan sesuai dengan bidang tugasnya.

"Setelah melakukan seminar maka guru, kepala sekolah, dan pengawas nantinya akan mengusulkan PTK/PTS nya dalam DUPAK (Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit), setelah di setujui oleh tim penilai maka akan menjadi PAK (Penetapan Angka Kredit), setelah nilai PAK sudah memenuhi angka kredit, maka kenaikan pangkat bisa dilaksanakan," ujar Agustion.

Agustion juga menambahkan tahun lalu merupakan pertama kalinya guru, kepala sekolah dan pengawas melaksanakan penelitian dengan dibiayai oleh pemerintah daerah. "Sedangkan untuk yang ingin seminar dengan biaya sendiri, kami dari dinas pendidikan akan memenuhi segala fasilitas yang dibutuhkan," tambahnya.

Agustion berharap kedepannya lebih banyak guru yang melakukan Penelitian Tindakan Kelas serta Kepala Sekolah dan Pengawas yang melakukan Penelitian Tindakan Sekolah agar kompetensinya dalam dunia pendidikan semakin meningkat untuk kemajuan Pendidikan di Kota Payakumbuh. (Rahmat Sitepu)

 
Top