Dua Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menuntut Ilmu


 

Ada dua hal yang harus diperhatikan bagi setiap Muslim, baik laki-laki maupun perempuan. “Yang harus kita sama-sama ingat, ada dua hal yang perlu diperhatikan ketika seorang Muslim melakukan sesuatu, termasuk menuntut ilmu,” ungkap Aktivis Dakwah, Lesi Puspitawati dalam Kegiatan Keputrian di SMK Informatika Utama, Jumat (26/1/2024) di Depok.

 

Adapun kedua hal tersebut menurutnya yakni, niatnya harus karena Allah, dan caranya harus sesuai syariat. “Jika menuntut ilmu merasa terpaksa dan tidak diniatkan karena Allah, atau niatnya sudah benar namun caranya salah, maka tidak akan mendapat keberkahan dalam ilmunya,” jelasnya di hadapan sekitar 90 siswi SMK Informatika Utama.

 

Dalam kesempatan yang sama, Aktivis Muslimah, Jauhari Novi Nurkomarini menyampaikan pengalamannya sebagai seorang Muslimah yang menuntut ilmu di Negeri Ginseng. “Cara istiqamah sebagai seorang Muslim yaitu harus belajar tentang apa yang menjadi tujuan dan kebutuhannya. Karena saya sebagai seorang pelajar, saya harus tahu sikap seorang pelajar, dan saya belajar fiqih tentang seorang pelajar,” jelasnya.

 

Menurut mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan S2 di Busan Korea, sebelum memutuskan untuk menuntut ilmu ke luar negeri harus mencari informasi tentang negaranya. “Yang harus dilakukan sebelum memutuskan ke luar negeri adalah mencari tahu tentang negaranya, bagaimana pandangan negara itu terhadap Islam,” ujarnya.

 

Karena itu, lanjutnya, sebagai Muslim harus belajar dan memahami Islam dengan baik, sebab itu bisa menjadi jalan dakwah di negeri orang. “Kita harus terus belajar dan memahami Islam dengan baik. Karena ketika berada di negeri orang dan masyarakatnya ada yang bertanya tentang Islam, kita bisa menjelaskannya dan itu menjadi jalan dakwah buat kita,” pungkasnya.[Mustikawati]

Post a Comment

Previous Post Next Post