TANTANGAN BAGI KAWULA MUDA DALAM PENERAPAN AKHLAK TASAWUF DI ERA MODERN



Ada banyak sekali masalah moral dan perilaku yang di alami kawula muda pada era modern, dengan semakin majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. semakin banyak pula tantangan yang dihadapi oleh kawula muda. Terutama adalah masalah akhlak, ada beberapa faktor yang menyebabkan anak muda pada zaman sekarang sudah tidak terlalu menganggap penting lagi sebuah tata krama, kesopanan, bagaimana cara berperilaku ketika berbicara dengan yang lebih tua, bagimana cara mereka menghargai dan menghomati seseorang. Dan peran orang tua menjadi faktor paling utama dalam pembentukan karakter seorang anak dalam bertingkah laku, kemudian


factor kedua yang juga sangat berpengaruh yaitu berasal dari lingkungan masyarakat dan sekolah, tempat seorang anak berinteraksi dan bergaul Bersama teman sebayanya menjadi tempat ideal yang mempengaruhi polah pikir, bersikap, serta berperilaku. Jika di tempatkan di lingkungan yang tepat maka, anak itu akan tumbuh menjadi anak yang baik dan positif, namun jika anak tersebut berada di lingkungan yang tidak baik, maka ia akan tumbuh sesuai dengan apa yang di ajarkan di lingkungan tersebut.


Lalu faktor Ketiga, adalah semakin majunya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, semakin canggih teknologi, menjadi semakin mudah untuk diperoleh seperti halnya gadget. Pada zaman ini hanya segelintir orang yang tidak memiliki benda elektronik berukuran kecil tersebut. Karena gadget merupakan alat komunikasi modern yang berhasil menjadi kebutuhan bagi manusia masa kini dan terdapat beragam hal di dalamnya yang dapat mempermudah dalam berkomunikasi, mencari informasi atau menambah ilmu pengetahuan. Namun ada banyak hal negatif juga di dalamnya jika salah dalam mempergunakannya.


Maka di islam diajarkan tasawuf untuk membenahkan diri, agar tidak terpengaruh pada hal-hal negatif pada era modern ini, tasawuf mengajarkan untuk selalu ingat kepada Allah dan senantiasa berada di jalan-Nya. Di zaman serba canggih ini terkadang membuat manusia terbuai oleh kenikmatan sesaat dari Allah yang di buat oleh manusia itu sendiri. Akhlak tasawuf mengajarkan upaya menumbuhkan perilaku manusia kearah yang lebih positif agar manusia tidak terlalu terpaku pada hal-hal yang bersifat sementara, yaitu kesenangan duniawi.


Berikut tantangan kawula muda dalam penerapan akhlak tasawuf di era modern ini, salah satunya yaitu sifat materialisme, yaitu paham yang menganggap bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini yang dapat dikatakan benar-benar ada adalah materi. Materialistis adalah sebutan bagi seseorang yang hanya mementingkan kekayaan materi. Akhlak tasawuf yang


mengusung konsep pembenahan diri, untuk memperbaiki akhlak serta tingkah laku seseorang demi mewujudkan manusia yang berakhlak mulia.


Tidak mudah bagi kawula muda yang sedang menikmati masa mudanya dengan berfoya-foya, mengikuti tren ke barat-baratan, yang jauh dari cerminan islam. Ajaran tasawuf sangat berperan penting dalam pembentukan karakter dan pola pikir manusia untuk menghadapi era yang lebih modern lagi, agar manusia tidak terperosok pada jurang kemaksiatan, akhlak tasawuf menjadi sarana membina mental dan moral agar menjadi manusia yang beriman dan mendapatkan makrifat dari Allah Subhana Wa Ta'ala.


Di era serba modern ini sudah seharusnyaumat muslim menerapkan akhlak tasawuf. Karena perbuatan tersebut memiliki relevansi pada masalah kehidupan manusia di zaman modern. Dengan akhlak tasawuf manusia tidak terlalu berlarut-larut dalam menghadapi masalahnya. Berikut merupakan contoh penerapan tasawuf di dalam


kehidupan sehari-hari yaitu dengan meluangkan waktu untuk beribadah kepada Allah Subhana Wa Ta'ala, memperbanyak dzikir, dan berdoa, meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.


Amalia Putri

Syifau Nurrohmah

Universitas Indraprasta PGRI

Post a Comment

Previous Post Next Post