Kecamatan Lubuk Begalung Genjot dan Realisasikan Program Bank Sampah Walikota Padang

Camat Lubuk Begalung Anhal Mulya Perkasa, S.STP, M.PA di dampingi Luxani srlaku Kasi Trantib


Terkait dengan program pemerintah Kota Padang yang ingin menjadikan Kota Padang yang bersih dan asri , Kecamatam Lubuk  Begalung telah melakukan program Bank Sampah dengan memanfaaatkan bentor-bentor sampah di masing masing RW yang ada di Kecamatan Lubuk Begalung.


Adapun upaya dan inovasi  agar program ini terlaksana, kita juga bekerjasama dengan Lembaga Pengelolaan Sampah (LPS) untuk teknis terkait dengan masyarakat yang membawa Betor itu.


Ini disampaikan Camat Lubuk Begalung Anhal Mulya Perkasa, S.STP, M.PA di dampingi Luxani selaku Kasi Trantib PB Kecamatan Lubuk Begalung  kepada wartawan beberapa saat lalu di Kantor Camat Lubuk Begalung.


Sehubungan program kebersihan ini, pihaknya telah menginstruksikan kepada lurah, RW, RT serta Kasi Trantib dapat mengendalikan dan melaksanakan program pemerintah Kota Padang agar memaksimalkan Bank Sampah di masing-masing daerah masing-masing.


Selain itu, Ia juga telah memerintahkan Lurah Lubuk Begalung dan Kampung Baru, agar menindak masyarakat yang buang sampah sembangan.


Tentu yang sangat kita butuhkan peran serta RT dan RW serta seluruh masyarakat, agar mari bersama sama bisa saling bekerjasama untuk tercapainya Kota Padang yang bersih dan asri, jelas Anhal.



Luxani turut menambahkan, dehubungan dengan anggaran, itu kita serahkan kepada masyarakat untuk berembuk dan mencari donatur yang peduli terhadap kebersihan lingkungan.


Begitu juga dengan Tempat Pembuamgan Sampah (TPS) saat ini memang cuman ada empat lokasi. Dan tentu hal menjadi kendala juga  bagi masyarakat untuk membuang sampah yang jaraknya jauh dari tempat tinggal.


Untuk itu kita berharap, pada masing masing kelurahan, ada tempat-tempat pembuangan sampah yang tetap. Dimana dari 133 RW yang ada, kalau dapat mempunyai Bank Sampah dan LPS masing-masing. Sehingga kendala terjadinya penumpukan sampah yang berserakan akan dapat teratasi.


Dan kita juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar

Jangan membuang sampah sembarangan. Dan buanglah sampah pada jam 17:00 wib sd 05:wib sesuai dengan yang telah ditetapkan.


Ke depan, kita berupaya bagaimana sampah-sampah yang ada di tengah masyarakat, bisa diolah dan dimanfaatkan kembali oleh masyarakat, harapnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post