Banjir Bandang di Sukolilo Terekam Kamera Warga

.

Pati, nusantaranews.net - Suasana mencekam banjir bandang yang melanda Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terekam dalam sebuah video yang dibagikan oleh warga. Kejadian tragis ini terjadi pada Selasa (5/12/2023) sore, ketika hujan deras mengguyur kawasan pegunungan Kendeng Utara.

Dalam video yang tersebar luas, arus deras banjir bandang terlihat menghantam pemukiman warga dengan kekuatan dahsyat. Suara gemuruh air bercampur lumpur pekat dan sampah dari pegunungan Kendeng menyertai detik-detik mencekam tersebut. Warga yang berada di sekitar lokasi terdengar berdoa dengan harapan keselamatan di tengah bencana alam yang melanda.

Penyebab banjir bandang ini diduga kuat terkait dengan hujan deras yang memicu air deras dari pegunungan Kendeng. Penggundulan hutan dan aktivitas penambangan yang merajalela di daerah tersebut diduga menjadi faktor utama yang memperparah situasi. Dampak ekologis dari aktivitas manusia ini turut berkontribusi pada tidak terbendungnya aliran air yang membawa lumpur dan sampah.

Kejadian tragis ini mencapai puncaknya sekitar pukul 16.30 WIB, menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan di kalangan warga. Sungai yang mengalir di pinggir jalan, yang seharusnya menjadi saluran alami, tidak mampu menampung debit air yang begitu besar akibat hujan deras dan aliran banjir bandang yang tak terbendung.

Pihak berwenang dan tim penanggulangan bencana setempat saat ini berupaya melakukan evakuasi dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Banjir bandang di Sukolilo menjadi peringatan serius akan urgensi pelestarian lingkungan dan penanganan aktivitas manusia yang dapat berdampak buruk pada ekosistem alam. (Pn)


Post a Comment

Previous Post Next Post