KAPITALISME MENGHASILKAN PERUSAHAAN YANG ABAI TERHADAP PEKERJA


Oleh: Sri Fitria SAB



Bertepatan tanggal 24-12-2023, telah terjadi insiden kebakaran di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali, Sulawesi Tengah,  Pada pukul 05.30 Wita. penyebab ledakan ini terjadi saat pekerja  melakukan perbaikan tungku dan pemasangan plat pada  bagian tungku di Pabrik pengolahan nikel milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), dan diperkirakan pada bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan.



kecelakaan ini  terjadi karena  dampak dari diabaikannya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap pekerja, sehingga Akibat dari ledakan itu, diduga ada belasan orang yang meninggal dunia.


Termasuk ada yang kritis, luka berat, maupun luka ringan.  Persoalan akibat  kelalaian K3 sudah sering terjadi berulang-ulang. Bahkan sampai memakan korban jiwa, meskipun sudah diberi sanksi terhadap pemilik modal.



Namun pada faktanya pemerintah tidak tegas dalam memberikan  sanksi terhadap perusahaan tersebut, sehingga sanksi yang diberikan tidak mampu memberikan efek jera terhadap pemilik modal,  sehingga perusahaan lalai dalam menjamin keselamatan pekerja dan abai terhadap upaya pencegahannya, maka tidak heran hal ini terjadi sebab ini merupakan buah dari sistem kapitalisme yang mengutamakan keuntungan dan abai akan tanggung jawab terhadap pekerjanya.



Berbeda dengan sistem islam yaitu daulah khilafah, dalam hal ini islam menjamin keselamatan pekerja dan mewajibkan perusahaan untuk memenuhi  hak-hak pekerjanya, dan perusahaan wajib menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman sehingga dapat mengurangi probabilitas kecelakaan kerja akibat dari kelalaian, dan islam juga melarang untuk membahayakan diri sendiri dan juga  orang lain sebagaimana sabda Rasulullah saw  "Tidak boleh ada bahaya, dan tidak boleh membahayakan orang lain" (HR.Ahmad).



Daulah (negara) akan memastikan terlaksananya K3 pada setiap perusahaan dan akan memberikan sanksi yang tegas terhadap perusahaan yang lalai terhadap bertanggung jawabnya atas keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pekerjanya.

Sehingga para pekerja akan terjaga keamanannya.

Begitulah dalam sistem Islam yang sangat Paripurna hingga tidak ada sistem yang paling sempurna selain sistem Islam, sistem yang aturannya dari Allah semata.

Allahu a'lam bishawwab.

Post a Comment

Previous Post Next Post