Atasi Stunting Dengan Ayah Dan Ibu Angkat, Solusi kah ?!


Oleh : Picomm
 (Aktivis Muslimah) 


Mengutip dari media online pas jabar. Com, Bupati Bandung Dadang Supriatna menginstruksikan agar para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bandung untuk menjadi bapa atau ibu angkat dari anak pengidap stunting dan ibu hamil. Hal ini dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Bandung.


Pada tahun 2021, prevalensi stunting di Kabupaten Bandung mencapai 31 persen, pada tahun 2022 turun menjadi 25 persen. Bupati Bedas menargetkan, pada 2024 prevalensi stunting bisa ditekan lagi turun hingga 16 persen.


“Harus ada bapak angkat dan juga ibu angkat dari anak pengidap stunting maupun ibu hamil.  Maka kita akan bagi habis jumlah ASN Kabupaten Bandung sebanyak 18 ribu ASN yang Insya Allah kita akan instruksikan untuk bisa menjadi ayah atau ibu angkat akan dalam rangka penanganan stunting,” tandas Bupati Dadang Supriatna saat Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting di Pontren Sa’adatuddaroin, Kecamatan Solokanjeruk, Minggu (26/11/2023).


Sangat memilukan, Negeri yang punya kekayaan alam melimpah ini tengah mengalami problem yang serius, yaitu masalah stunting yang angkanya masih terbilang besar. Berbagai upaya dilakukan untuk menurunkan angka stunting, namun kenyataan nya angka stunting masih terbilang banyak. Hal ini tentu menjadi PR besar bukan hanya bagi bupati saja, tetapi seluruh elemen masyarakat harus bekerja sama untuk menurunkan angka stunting. 


Namun pada faktanya masih banyak juga masyarakat yang cuek bebek dengan keadaan hari ini sehingga hal ini semakin menambah beban penguasa. Di tambah lagi adanya faham kapitalisme sekuler yang telah membawa kehancuran dalam setiap aspek kehidupan. Masing-masing individu hanya sibuk memikirkan kepentingan nya, sehingga tak mau tau urusan saudaranya. 


Sekulerisme telah menghilangkan peran agama dari kehidupan nya, sehingga membuat kaum muslim lemah akidahnya. Dan meniscayakan setiap permasalahan hidup nya diserahkan kepada ide tersebut, bukan menyelesaikan permasalahan, yang ada justru seperti menambah permasalahan baru. 


Maka sudah selayaknya bagi kita untuk menjadikan Islam sebagai solusi tuntas atas setiap permasalahan hidup yang di alami. Karna aturan Islam datang dari wahyu Allah swt. Islam memiliki solusi tuntas atas masalah stunting dengan aturan nya yang khas. Menjadikan seluruh aspek kehidupan nya sesuai dengan ajaran Islam agar mendapat keberkahan di langit dan di bumi.

Post a Comment

Previous Post Next Post