Jembatan Ambruk, LSM Baladhika Adyaksa Nusantara: "KEJARI PESSEL USUT TUNTAS"

Herman Tanjung Saat Penyerahan Berkas Laporan di Kejari Kab Pesisir Selatan

Nusantaranews.net
- Ketua LSM Baladhika Adyaksa Nusantara Provinsi Sumatera Barat, Herman Tanjung  laporkan adanya dugaan pekerjaan tidak sesuai Spesifikasi teknis dalam pembangunan Jembatan gantung yang dikerjakan oleh CV Pilar Agung Sejahtera yang berlokasi di Lunang Kabupaten Pesisir selatan ke Kejaksaan Negeri Setempat pada hari Kamis tanggal 25 Mei 2023.

Herman Tanjung meminta kepada Kajari Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan agar mengusut tuntas dugaan pekerjaan yang tidak sesuai Spesifikasi Teknis dalam pengerjaan jembatan gantung tersebut. Herman Tanjung juga meminta Kejari mengusut pengawasan yang dilakukan oleh Konsultan Pengawas yang merestui atau tutup mata dalam pengawasan yang dikerjakan oleh CV Pilar Agung Sejahtera sebagai kontraktor pelaksana.

Laporan Ketua LSM Baladhika Adyaksa Nusantara tertuang dalam nomor Laporan dengan nomor. 036/BAN/V-2023.

Dikatakan Herman Tanjung, rubuhnya jembatan tersebut ada dugaan yang tidak sesuai spek yang dikerjakan oleh CV Pilar Agung Sejahtera selaku kontraktor pelaksana sehingga kekuatan jembatan tersebut dengan mudah dibawa arus sungai, ini perlu ditindaklanjuti oleh Kejari Pesisir Selatan.

"Padahal, untuk perencanaan sebuah bangunan apalagi jembatan, konsultan perencana sudah pasti dalam pembuatan jembatan harus dirancang dengan kriteria tertentu agar keamanan dan kenyamanannya terjamin. Adapun kriteria perencanaan jembatan tersebut meliputi kekuatan dan kekakuan struktur, stabilitas struktur, kelayakan struktur, keawetan, kemudahan pembuatan, ekonomis," tutur Herman Tanjung.

Bahkan, debit air dan ketinggian air juga ada kajiannya yang dilakukan oleh perencana pada sebuah pembangunan jembatan bebernya menambahkan.

Dalam hal ini, Kepala Dinas PUPR Pesisir Selatan beserta PPK bungkam saat dikonfirmasikan 

Dan sampai saat ini redaksi masih menunggu tanggapan dari PUPR yang masih bungkam tentang rubuhnya jembatan yang baru saja di PHO karena informasinya dari Mawardi Roska selaku Sekda Kabupaten Pesisir Selatan rubuhnya jembatan tersebut hanya dikarenakan banjir. Bagai mana dengan Speknya, apa sudah sesuai Spesifikasi Teknis?

(tim)

Post a Comment

Previous Post Next Post