Bagian PBJ Sarolangun Gelar Sosialisasi Program Aplikasi Bela Pengadaan


NUSANTARANEWS.NET, SAROLANGUN - B
agian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah Kabupaten Sarolangun menyelenggarakan Sosialisasi Program " Belanja Langsung " Pengadaan (Bela Pengadaan) Tahun 2022.

Kegiatan yang mengambil tema " Meningkatkan Belanja Pemerintah Untuk UMKM " dibuka oleh Pj Bupati Sarolangun Henrizal yang diwakili oleh Asisten III Setda Sarolangun Hazrian, di Aula Kantor Bupati Sarolangun, Kamis (21/7/2022).

Ketua harian Tim P3DN Kabupaten Sarolangun, Trianto dalam laporannya mengatakan tujuan sosialisasi program Bela Pengadaan guna meningkatkan pemahaman bagi Organisasi Perangkat Daerah pengguna barang/jasa terkait implementasi dan regulasi program Bela Pengadaan LKPP RI serta guna meningkatkan peran UKPBJ dalam membina dan berkoordinasi dengan pelaku pengadaan di lingkungan Kabupaten Sarolangun khususnya pelaku Pengadaan Usaha Mikro dan Kecil.

" Program Belanja Langsung Bela Pengadaan LKPP ini untuk memberikan pemahaman bagi pelaku Pengadaan pada OPD dan mendorong pemerintah agar melibatkan UMK pada pengadaan barang/jasa pemerintah melalui Aplikasi Bela Pengadaan," jelas Trianto.

Mewakili Pj Bupati Sarolangun, Asisten III Setda Sarolangun Hazrian mengatakan, bahwa Program Belanja Pengadaan (Bela Pengadaan) merupakan program untuk mendukung Usaha Mikro dan Usaha Kecil (UMK) Go Digital melalui proses belanja langsung Kementerian/Lembaga/ Pemerintah Daerah (K/L/PD) kepada UMK
yang tergabung dalam e-Marketplace.

Dimana saat ini LKPP sudah bekerjasama dengan marketplace dalam aplikasi Bela Pengadaan, sebagai bentuk program belanja langsung guna meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat, memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan, mendukung proses monitoring dan audit serta memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time guna mewujudkan clean and good government dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

" Saat ini sudah ada 12 Marketplace yang tergabung dalam aplikasi Brla Pengadaan," ujar Asisten III Hazrian.

Hazrian mengharapkan kedepan, program ini dapat meningkatkan geliat perekonomian daerah, melalui dukungan belanja pemerintah ke UMK, dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam hal ini implementasi Aplikasi Bela Pengadaan LKPP.

Hazrian juga mengajak kepada semua untuk memanfaatkan momen sosialisasi ini dengan baik dalam mengkaji, mempelajari dan mengadopsi bagaimana implementasi program Bela Pengadaan atau belanja langsung pengadaan melalui aplikasi Bela Pengadaan dengan seksama, sehingga dapat berjalan sukses dan memberi impact khususnya bagi Usaha Mikro dan Kecil di dilingkup Kabupaten Sarolangun.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Kabag PBJ Setda Sarolangun Ujang Junaidi, para Kepala OPD, Bendahara Dinas, serta selaku pemateri atau Nara sumber yaitu CEO Affan Techology Jambi Ihsan. (SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post