Kasdim 0801/Pacitan Resmikan Kampung Pancasila di Kecamatan Nawangan dan Bandar




Nusantaranews.net, Pacitan- Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Slamet Riyadi meresmikan Kampung Pancasila di Desa Penggung Kec Nawangan dan Desa Jeruk Kec Bandar Kab Pacitan, Senin (14/03/2022).

Peresmian Kampung Pancasila ini perdana di wilayah teritorial Kodim 0801/Pacitan.
Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim S.I.P., M.Si. selaku penanggung jawab kegiatan melalui Kasdim 0801/Pacitan Mayor Slamet Riyadi menyampaikan pencanangan Kampung Pancasila merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI AD untuk membumikan nilai Pancasila.

" Pencanangan kampung pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah  pimpinan TNI AD untuk membumikan nilai pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan zaman," tuturnya kepada Nusantaranews.net, Senin (14/3/2022)

Ia menyampaikan terbentuknya kampung pancasila guna mempersatukan seluruh komponen bangsa.

“Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila ini tak lain tak bukan untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah, khususnya di Kecamatan Nawangan dan Bandar,” katanya.

Ia menambahkan, meskipun kondisi masyarakat Indonesia heterogen, tetapi harus memiliki visi yang sama sebagai
bangsa Indonesia sebagaimana tercantum pada pembukaan UUD 1945.
 
"Visi ini dapat tercapai apabila negara
menjalankan fungsinya yang tetap
berpegang teguh pada nilai-nilai yang disepakati bersama. Nilai-nilai yang ada pada bangsa Indonesia, tidak lain adalah pancasila dengan berbagai instrumennya," tegasnya.

Lebih lanjut Kasdim menyampaikan bahwa kedepannya pemerintah desa Penggung serta desa Jeruk beserta seluruh masyarakat, bisa saling
membantu untuk mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

" Masyarakat harus bahu-membahu membangkitkan dan
mengamalkan pancasila dalam
kehidupan sehari-hari. Sehingga nilai pancasila dari sikap pertama hingga sila kelima bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya. 

Kasdim menegaskan, generasi muda harus mampu menjadi inisiator dan motivator.

"Generasi muda selaku calon-calon pemimpin masa
depan bangsa, harus mampu menjadi Inisiator dan motivator melalui ide-ide kreatif sehingga Desa Penggung dan desa Jeruk dapat menjadi contoh bagi wilayah lain di Pacitan sebagai Desa Pancasila", pungkasnya [] Sri Purwanti

Post a Comment

Previous Post Next Post