Kemenangan Akan Datang

Oleh: Watik Handayani S. Pd.

Jika kerinduan sudah membuncah semestinya harus segera ditemui. Dengan cara ikhtiar ataupun doa, seperti kita menginginkan sesuatu pada diri kita. Supaya kita tetap bertahan hidup, kita mencari rezeki. Mungkin dari apa pun jika berusaha pasti akan ada jalan. 

Karena Allah pasti memberikan kepada makhluk-Nya, baik hanya sekadar untuk makan saja atau dikumpulkan sebagai sebuah harta. Bayi yang baru lahir saja memiliki rezekinya. Datangnya rezeki itu entah dari siapa pasti akan datang menghampiri kita, karenanya teruslah semangat berjuang meraih kemenangan. 

Kemenangan itu akan datang pada jiwa yang bersungguh-sungguh meraihnya, baik lama atau sebentar tentu akan datang waktunya. Kita pun harus benar-benar yakin hanya Allah Maha Mengetahui semuanya.

Tentunya, ada empat cara untuk meraih kemenangan yakni: Pertama, mengokohkan keimanan dengan terus meng-upgrade diri untuk bisa memperbaiki diri dan belajar ilmu pengetahuan yang dapat mengarahkan diri menjadi lebih baik dan berkawan dengan orang yang bisa membantu kita mencapai ketaatan dan saling menasihati jika ada kesalahan. 

Kedua, berjuanglah untuk terus mendakwahkan kebenaran. Sebisa mungkin sampaikan walaupun hanya satu ayat. Demi kebaikan bersama luruskan niat untuk memperbaiki keadaan agar menjadi shalih bersama (berjemaah).

Ketiga, meningkatkan nafsiyah untuk mengerti empati kepada orang lain. Dalam wujud kita peduli kepada orang lain. Walau pun kita masih belum sempurna, bantu semampu kita. Andaikan untuk menuju jalan yang lurus itu penuh duri, kita bisa lebih dulu menyingkirkannya agar kita dan orang lain tak terluka. Setidaknya itu lebih mudah kita lalui karena sudah pernah merasakan pengalaman tersebut.  

Keempat, menjadi pribadi yang istiqamah, jika terpuruk segeralah bangkit dengan selalu mengingat Allah SWT setiap saat. 

Keberanian itu memiliki sifat terbuka tanpa keraguan, memiliki sifat kasih sayang  terhadap sesama pendakwah, bersama berjuang dan melupakan kesalahan dengan memiliki keikhlasan dan kesabaran. 

Sebenarnya, kita hidup hanya sebentar di dunia untuk menjalankan perintah Allah SWT agar dapat menggapai yang kekal untuk beramal sebentar di dunia. Andai yang punya keyakinan lebih dominan, pasti kebangkitan akan segera tegak. Maka, jagalah agama Allah, maka Allah akan menjagamu di mana pun dan pasti Allah SWT akan memudahkan segala aktivitas hamba-Nya yang bersungguh-sungguh. 

Memang, jatuh bangun adalah hal biasa dirasakan semua orang. Namun, tak banyak orang bangkit kembali untuk menjadi lebih baik ke depan. Mungkin tak sedikit orang menjadi lebih hebat dari yang dialami, keterpurukan yang telah menimpa akan membuat lebih semangat. 

Maka harus tumbuhkan semangat dari diri untuk membentuk pribadi yang menyenangkan. Supaya kebangkitan Islam segera diraih, dengan bersatunya umat Islam. Bersatu padu menyongsong kemenangan berjemaah, untuk menyatukan perbedaan menjadi persamaan pemahaman pemikiran yang dapat membangun umat.[]

Post a Comment

Previous Post Next Post