BELAJAR SAMBIL BERMAIN BERSAMA KELOMPOK 54 PMM UMM



Selasa (16/3) Kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak oleh kelompok 54 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Gelombang 2 yang dilaksanakan di taman baca Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang resmi selesai. Kegiatan ini dimulai pada hari Kamis (4/3) yang mana pada hari itu kelompok 54 mengenalkan materi yang akan dipelajari selama kegiatan berlangsung. Materi yang diajarkan meliputi nama-nama buah, sayuran, dan hewan yang disesuaikan dengan pemahaman anak-anak Desa Tegalgondo. 

Untuk mengukur pemahaman anak-anak Desa Tegalgondo, kelompok 54 membuat terobosan yakni menggabungkan pembelajaran Bahasa Inggris dengan permainan yang biasanya anak-anak sukai. Kelompok 54 memilih ular tangga sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris. Alasan mengapa mereka menjadikan ular tangga sebagai media pembelajaran adalah karena banyak anak-anak yang merasa sulit untuk memahami pembelajaran Bahasa Inggris karena banyak orang mengajar hanya menggunakan media yang membosankan, maka dari itu kelompok 54 memilih ular tangga sebagai media pembelajaran agar selain belajar anak-anak juga masih dapat bermain.

Sistem pembelajaran Bahasa Inggris berbasis game ini ialah anak-anak wajib menjawab pertanyaan didalam kartu yang sudah disediakan oleh kelompok 54 pada saat setiap mereka menginjak kotak. Kartu yang disediakan terdapat dua jenis berwarna merah dan biru. Kartu merah berisikan salah satu nama buah, sayuran, ataupun hewan dalam Bahasa Indonesia jadi anak-anak harus mengartikan kata tersebut kedalam Bahasa Inggris, sebaliknya kartu biru berisikan salah satu nama buah, sayuran, ataupun hewan dalam Bahasa Inggris jadi anak-anak harus mengartikan kata tersebut kedalam Bahasa Indonesia.


Kelompok 54 sangat berterima kasih atas antusias anak-anak Desa Tegalgondo dalam kegiatan kali ini. Maka dari itu, kelompok 54 memberikan apresiasi kepada mereka dalam bentuk makanan ringan yang dapat mereka nikmati sembari menemani kegiatan bermain mereka di taman baca Desa Tegalgondo.

Post a Comment

Previous Post Next Post