Inilah Riwayat dan Kondisi Pasien 01 Sarolangun Positif Corona

N3,Sarolangun - Juru Bicara (Jubir) tim gugus tugas penanganan Covid 19 Sarolangun yang sekaligus Direktur RSUD Chatib Quzwain Sarolangun dr.Bambang Hermanto, Senin (27/4/2020) usai menggelar rapat tim gugus yang dipimpin langsung Bupati H.Cek Endra menjelaskan riwayat perjalalanan satu pasien yang sudah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau pasien 01 Sarolangun.

Menurut dr.Bambang Hermanto pasien 01 adalah seorang perempuan berusia 52 tahun, warga Kecamatan Sarolangun. Dan diketahui seorang PNS, staf di salah satu Dinas Pemkab Sarolangun.

" Pasien 01 memiliki riwayat awalnya dari anaknya yang kuliah di Padang, Sumatera Barat, dikarenakan libur pulang ke Sarolangun dan berinteraksi bersama keluarga," jelasnya.

Ditambahkannya jika sebelum dinyatakan pasien 01 positif, tim gugus tugas Covid 19 Sarolangun mengirimkan 4 sample hasil rapid test untuk diuji swab test ke Provinsi Jambi, antara lain, anak pasien 01, Pasien 01 (ibu) dan ayah (suami pasien 01) serta satu pasien lainnya yang baru pulang dari riau.

" Dari empat sample yang kita kirim, pasien 01 dinyatakan positif. Sementara tiga lagi masih menunggu hasil swab test," tambah dr.Bambang Hermanto.

Untuk pasien 01 yang saat ini masih diisolasi dan dirawat secara intensif di RSUD Sarolangun secara fisik belum menunjukkan gejala yang fatal atau kondisinya masih sehat seperti biasa saja.

" Kita asumsikan untuk pasien 01 saat ini masih tergolong dalam kategori ringan, karena kondisinya masih sehat dan biasa saja," sebutnya.

Masih katanya, dengan kondisi saat ini masyarakat diminta jangan panik, tapi terus tetap waspada terhadap penularan Covid-19 dengan cara mematuhi arahan pemerintah dengan memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) kesehatan.

" Intinya hindari tempat keramaian, terapkan social distancing, rajin menggunakan masker kapan saja dan dimana saja dan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun," katanya.

Untuk diketahui jika pasien 01 merupakan PNS staf di Dinas DPPKB, sementara suami pasien 01 staf di Perumda Tirta Sarko Batuah. Guna memutus rantai penyebaran tim gugus segera lakukan pemeriksaan dikedua tempat tersebut. (SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post