TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bukan hanya mengerjakan perbaikkan infrastruktur desa, tetapi juga memberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan Cinta Tanah Air kepada pelajar sebagai generasi bangsa.

Hal itu dilakukan Serda Irfan anggota Satgas TMMD Kodim 0319/Mentawai yang memberikan bekal wawasan kebangsaan di SD Negeri 23 Tua Pejat, bersamaan dengan digelarnya TMMD ke 104 di Dusun Bukit Pamewa Sipora 3 Kep. Mentawai. Selasa (12/03)

Para siswa diarahkan sebagai awal pendidikan pendahuluan bela negara, karena sebagai warga negara harus mengetahui wilayah negara kita mulai dari sabang sampai merauke, yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan bahasa.

“Pentingnya nilai-nilai pancasila dan bela negara serta wawasan kebangsaan harus senantiasa diberikan kepada komponen masyarakat, terutama siswa siswi. Ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, bangsa dan negara,” kata Serda Irfan

Menurut Irfan, TMMD memberikan wawasan kebangsaan ini sebagai bentuk rasa tanggungjawab kepada generasi penerus. Banyak siswa-siswi yang juga bercita-cita mulia untuk menjadi anggota TNI dan Polri agar bisa mengayomi masyarakat.

“Pembekalan lebih kami arahkan untuk merubah sikap dan prilaku terhadap guru, orang tua dan lingkungan masyarakat yang mencerminkan sopan santun serta Cinta Tanah Air,” ucapnya.

Kepala sekolah SD Negeri 23 Tua Pejat mengapresiasi upaya anggota TNI yang tergabung dalam TMMD 104 karena telah memberikan wawasan kebangsaan dan Cinta Tanah Air kepada para siswa.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya TMMD yang telah membantu kami dalam mengajarkan anak-anak agar lebih cinta terhadap tanah air. Kami berharap ke depannya hal-hal seperti ini bisa terus dilakukan untuk mencerdaskan siswa-siswi,” ucapnya.

 
Top