Nusantaranews.Net, MENTAWAI – Dalam waktu Luang Anggota Satgas TMMD ke 104 Kodim 0319/Mentawai sebagai Babinsa dia tetap meluangkan waktu mensosialisasikan Bios 44 kePada Masyarakat.

Memaksimalkan hasil produktifitas masyarakat dalam peningkatan hasil ikan kolam, Babinsa Sipora Utara perkenalkan penggunaaan bios kepada salah warga pemilik kolam ikan di Desa Bukit Pamewa.

Dalam hal ini Babinsa sipora utara, Kopda. Johan munthe meluangkan waktu untuk menyempatkan diri bercengkrama bersama kelompok tani dalam memberikan ilmu pengetahuan tentang penggunaan bios 44.

Kopda. Johan Munthe menjelaskan, Bios 44 adalah bio struktur yang merupakan agen hayati yang dapat mempercepat proses pembusukan material organik lahan gambut.

“jadi dengan di beri bios 44 dapat menetralisir keasaman tanah atau meningkatkan Ph tanah, sehingga ikan maupun tanaman akan tumbuh subur” kata Johan Munthe di tuapeijat, Jumat (8/3).

Dikatakan, tujuan memberikan pendampingan penggunaan bios 44 kepada kelompok tani, untuk mengajak masyarakat menigkatkan perekonomian dari sektor perikanan, dan pemanfaatannya bisa memperbaiki kualitas air kolam ikan lebih produktif, karena air bisa normal produksi ikan meningkat, tuturnya.

Kendati demikian, kelompok tani setelah di berikan sosialisasi menyambut baik dan mencoba menggunakan pupuk alternatif budi daya ikan kolam.

Sementara ketua kelompok tani tunas maju desa bukit pamewa, Sanir mengaku senang di beri pengenalan tentang bios 44 sebagai pupuk alternatif dalam budi daya ikan, berharap adanya bios 44 ikan peliharaan pertumbuhannya cepat berkembang, tukasnya (Ers).
 
Top