N3 Payakumbuh - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Payakumbuh menjadi satu-satunya Dinas Dukcapil di Sumatera Barat yang memiliki gedung arsip tersendiri. Hal itu diungkap Kepala Dinas Dukcapil, Yunida Fatwa melalui Kasi Pendokumentasian Dokumen Kependudukan, Hafzan.
“Kami sangat bersyukur dan terbantu sekali sejak adanya gedung arsip ini, dan ini menjadi satu-satunya di Sumbar Dinas Dukcapil yang memiliki gedung arsip tersendiri,” kata Hafzan saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (26/02).
Dikatakan, sejak Gedung Arsip ini di gunakan, arsip kependudukan di Disdukcapil dapat terkontrol dan tersimpan dengan baik.
“Sebelum gedung ini ada, kami kesulitan mencari arsip data kependudukan yang di butuhkan warga kota Payakumbuh karena belum tertata dengan baik, Alhamdulillah sekarang sudah bisa dilayani dengan cepat,” tambahnya.
Gedung arsip Itu sendiri berada dikawasan kantor Dinas Dukcapil Kota Payakumbuh. Gedung baru tersebut dioperasionalkan sejak awal tahun 2019.
“Gedung ini baru kita gunakan diawal tahun sebab baru seleksi pengerjaannya pada penghujung anggaran APBD Kota Payakumbuh tahun 2018 lalu. Semoga dengan keberadaan gedung ini, seluruh arsip kependudukan warga bisa terjamin dan sewaktu-waktu bisa diakses,” ujarnya. (Rel/Rahmat Sitepu)
 
Top