Walikota Riza Falepi : Melalui Pesantren Ramadhan Kita Bina Akhlak Generasi Muda

N3 Payakumbuh - Pembinaan akhlak dan kepribadian, menjadi poin penting dalam penyelenggaraan Pesantren Ramadhan tahun 1438 H/ 2017 ini. Bukan hanya sekedar memberi palajaran, dan menambah pengetahuan agama semata, namun mendidik dengan terbinanya akhlak yang mulia haruslah menjadi tujuan. Masalah akhlak ini, menjadi sorotan bagi Walikota Payakumbuh, Riza Falepi.

“Masih banyak generasi muda kita yang akhlaknya jauh dari kata baik. Kurangnya perhatian orang tua, pengaruh lingkungan, imbas teknologi, lemahnya peranan adat menjadi faktor-faktor yang bisa mempengaruhi rusaknya akhlak anak-anak kita.

Masalah ini menjadi tanggung jawab kita bersama, orang tua, sekolah, pemerintah, dan masyarakat harus saling bahu-membahu menyelesaikannya,” kata Wako Riza yang disampaikan dalam acara Buka Bersama Instruktur dan Panitia Pesantren Ramadhan.

Wako menambahkan, orang tua sebagai garda di keluarga dan guru di sekolah harus benar-benar harus berupaya menjadi teladan bagi generasi muda.

“Cerdas dan pintar memang keinginan semua orang, akan tetapi pendidikan agama dan akhlak juga harus menjadi mendapat porsi yang lebih. Percuma saja pintar Fisika, tapi tak bisa bersopan santun.

Harusnya kita bisa menerapkan ilmu padi pada anak-anak kita. Orang tua dan guru mesti jadi tauladan bagi mereka, sehingga mereka bisa melihat, mencontoh, memiliki rasa hormat, rasa malu, dan menghargai orang lain. Bukan seperti sekarang, pergaulan para remaja terlalu bebas dan sibuk dengan dunianya sendiri,” ujar Walikota Riza Falepi lagi.

Disampaikan juga oleh Walikota, bahwa pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan akan terus berupaya meningkatkan pembinaan terhadap akhlak dan kepribadian generasi muda khusunya pelajar, seperti program pesantren Ramadhan.

“ Melalui pesantren Ramadhan kita berupaya untuk memperbaiki dan membina akhlak bagi generasi muda kita.

Pengenalan akan ilmu agama dan pembinaan terhadap akhlak  diterapkan dalam kurikulum pesantren Ramadhan. Ini, (pesantren Ramadhan-red) akan terus kita lakukan, secara berkesinambungan meskipun Ramadhan telah berakhir nanti”, pungkas Walikota.(Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post