Ketua DPRD Padang Minta Siswa Terlambat Tak Perlu Diusir

N3,Padang~Pemberian sanksi dengan mengusir siswa bukan memberikan efek jera, melainkan semakin memberi peluang bagi siswa untuk melakukan pelanggaran lain. Kondisi itu tercermin dari beberapa kasus yang mencoreng dunia pendidikan Kota Padang. Sebut saja penangkapan belasan siswa yang keluyuran saat jam belajar,beberapa waktu lalu. 

Mereka diamankan Sat Pol PP saat keluyuran di warnet dan bermain domino. Pengakuan pelajar, main di warnet karena dilarang masuk apabila datang terlambat. Satpol PP mengamankan mereka di beberapa lokasi, seperti Kawasan Lubukbegalung dan Pasarbaru, Kecamatan Pauh.

Dari dua lokasi tersebut, Satpol PP mengamankan 19 siswa dari beberapa sekolah. Mereka terdiri dari 14 pelajar SMA/SMK dan lima di antaranya masih berseragam SMP.

Terkait hal tersebut,Ketua DPRD Kota Padang, Erisman Chaniago mengimbau kepada seluruh kepala sekolah yang ada di kota Padang untuk tidak menghukum siswa dengan cara mengusir dari lingkungan sekolah. Apalagi, sebentar lagi sebagian mereka akan mengikuti ujian Pra Ujian Nasional dan Ujian Nasional (UN),"Ujar Erisman,Senin(22/2).

Hal serupa telah disampaikan pada Dinas Pendidikan, terutama Bidang Pendidikan Menengah perlu mencarikan solusi. Politisi Gerindra itu sepakat dengan sanksi akademis seperti membaca dan tugas-tugas, sanksi wajar. Termasuk pemanggilan orang tua untuk peringatan. Intinya, pelajar tidak diusir dari sekolah. Begitu juga Sat Pol PP, sebaiknya memberikan peringatan teguran dan lakukan pembinaan melalui koordinasi dengan dinas pendidikan,"katanya.

Dikatakan aturan yang ditetapkan pihak sekolah sering kali memberatkan para siswa dan tidak mendidik. Misalnya, tidak boleh masuk apabila terlambat, memungut sampah, jalan jongkok dan lainnya. "Alangkah lebih baik siswa yang terlambat itu disuruh masuk lingkungan sekolah, tapi tetap dihukum.Agar siswa tidak merasa keenakan, sebaiknya kesalahan yang dibuat dan hukuman yang diberikan disampaikan kepada orangtuanya melalui telepon,"ungkapnya.(M7)

Previous Post Next Post